• Minggu, 4 Desember 2022

Covid-19 Mereda, Jokowi Isyaratkan Indonesia akan Nyatakan Pandemi Berakhir

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 10:27 WIB
Covid-19 Mereda, Jokowi Isyaratkan Indonesia akan Nyatakan Pandemi Berakhir. (Tangkapan layar YouTube )
Covid-19 Mereda, Jokowi Isyaratkan Indonesia akan Nyatakan Pandemi Berakhir. (Tangkapan layar YouTube )

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengisyaratkan bahwa pandemi Covid-19 sudah mulai mereda. Kemungkinan Indonesia akan menyatakan pandemi telah berakhir dan fokus pada upaya tantangan lain pasca pandemi.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas, di Gedung SMESCO Jakarta, Senin (3/10/2022), yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

"Tetapi, yang kita lihat ini dunia. Pemulihan ekonomi pascapandemi memang belum pada kembali normal, tetapi justru semakin tidak baik. Karena selain pandemi, ditambah lagi karena adanya perang di Ukraina," ungkap Presiden.

Baca Juga: Presiden Jokowi Apresiasi Sinar Mas Bantu Pelaku UMKM Naik Kelas

Sementara itu Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan dirinya mendapat instruksi dari Presiden Jokowi untuk berkonsultasi dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengenai status pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menkes usai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/10/2022) sebagaimana diinformasikan Sekretariat Kabinet (Setkab).

“Pak Presiden meminta saya konsultasi dengan Dirjen WHO. Dirjen WHO bilang, kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari protokol kesehatan bisa dilakukan,” ujar Menkes.

Baca Juga: Sebarkan Ujaran Kebencian Terhadap Presiden Jokowi, Mahasiswa Minta Polri Tangkap Gus Nur dan Bambang

Menkes menyampaikan, WHO merupakan pihak yang berwenang untuk menyatakan pencabutan status pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemnaker Buka Akses Pemagangan ke Korea

Minggu, 4 Desember 2022 | 04:32 WIB
X