• Kamis, 1 Desember 2022

Museum Arkeologi Onrust Telah Terdaftar di Kemendikbudristek, Meski Hujan Puluhan Pengunjung Berdatangan

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:53 WIB
Dari kiri atas searah jarum jam: 1. Pengunjung Pulau Kelor. 2. Benteng Martello P. Kelor. 3. Dermaga Onrust. 4. Pramuka di Museum Onrust. (Foto: Kolase Dok.TAO).
Dari kiri atas searah jarum jam: 1. Pengunjung Pulau Kelor. 2. Benteng Martello P. Kelor. 3. Dermaga Onrust. 4. Pramuka di Museum Onrust. (Foto: Kolase Dok.TAO).

 

SUARAKARYA.ID: Museum Arkeologi Onrust di Taman Arkeologi Onrust (TAO),  Kepulauan Seribu, DKI Jakarta kini telah terdaftar di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pengunjung tiap bulan rata rata mencapai lebih dari 3.300 orang sejak Mei sampai September 2022.  Sekalipun  hujan seperti Minggu (2/10/2022) ini puluhan pengunjung berdatangan ke Taman Arkeologi Onrust.

Kepala Satuan Pelayanan TAO Unit Pengelola (UP)  Museum Kebaharian Jakarta, Agung Priosusanto mengungkapkan itu di Jakarta, Minggu (2/10/2022).

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Tarif Listrik Tidak Naik, PLN Berkomitmen Jaga Pasokan Listrik Andal Gerakkan Roda Ekonomi

Kata Agung selama tahun 2022 sampai akhir September jumlah pengunjung TAO mencapai 23.205 orang. yang berarti rata rata perbulan 2.578 orang.

Diakuinya, kini terus dilakukan perbaikan terhadap fasilitas yang ada di Taman Arkeologi Onrust. Termasuk peningkatan kemampuan para sumber daya manusianya.
Dicontohkan ada tenaga PJLP yang terlihat meningkat kemampuannya setelah mengikuti bimbingan teknis Dinas Kebudayaan DKI bersama AMI (Asosiasi Museum Indonesia) DKI  Paramita Jaya.

Sesaat sebelumnya Ade  Alamando Harnanto  selaku Pamong Budaya Bahari menyatakan dengan terdaftarnya Museum Arkeologi Onrust ke dalam Kemendikbudristek sejak September 2022,  berarti telah diakui sebagai museum secara nasional.

Baca Juga: BRI Mencari Digital Talent Terbaik, Bersama Menuju Perusahaan Kelas Dunia

"Museum Arkeologi Onrust telah dimasukkan ke dalam basis data museum se-Indonesia yang dimiliki Direktorat Pelindungan Kebudayaan," kata Alamando.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pj Gubernur Heru: Soliditas Tiga Pilar Jaga Kamtibmas

Rabu, 23 November 2022 | 22:09 WIB
X