• Minggu, 4 Desember 2022

Jaga Ideologi Bangsa Indonesia, Kosek IKN Gelar Upacara Kesaktian Pancasila

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:48 WIB
Foto: Pentak Kosek IKN
Foto: Pentak Kosek IKN

SUARAKARYA.ID: Komandan Kosek IKN Marsekal Pertama TNI Setiawan memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertempat di Lapangan Apel Makosek IKN, Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila ini merupakan peringatan Kokohnya Pancasila sebagai Ideologi bangsa Indonesia dimana pada tahun 1965 telah terjadi suatu peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang di dalangi oleh PKI yang berupaya melaksanakan kudeta dan pembunuhan terhadap enam orang Jenderal dari TNI AD.

Baca Juga: 10 F-16, 7 KT-1 Wongbee dan 12 Helikopter Tiba Halim Akan Demo Udara HUT ke-77 TNI

Adapun para pemberontak berusaha mengubah Pancasila menjadi ideologi komunis. Upaya ini mengalami kegagalan berkat kesadaran bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Oleh karena itu tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila, sebagai pengingat bahwa Dasar Negara Indonesia, Pancasila, adalah sakti, tak tergantikan.

Baca Juga: Kasau Tegaskan Perkembangan Lingkungan Strategis Menuntut Militer Lakukan Transformasi

Diikuti seluruh pejabat dan anggota Kosek IKN, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk memelihara kesadaran tentang ideologi bangsa yang harus selalu dipegang teguh oleh seluruh komponen bangsa, selain itu juga sebagai peringatan bersejarah yang menandai bahwa Pancasila adalah dasar negara yang paling sesuai untuk menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemnaker Buka Akses Pemagangan ke Korea

Minggu, 4 Desember 2022 | 04:32 WIB
X