• Rabu, 30 November 2022

Bangsa Indonesia Bulatkan Tekad Setia Pertahankan Ideologi Pancasila

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:21 WIB
Bangsa Indonesia Bulatkan Tekad Setia Pertahankan Ideologi Pancasila. (Kolase tangkapan layar YouTube )
Bangsa Indonesia Bulatkan Tekad Setia Pertahankan Ideologi Pancasila. (Kolase tangkapan layar YouTube )

SUARAKARYA.ID: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 dihadiri langsung para ketua lembaga negara, mulai dari Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti hingga Ketua DPR Puan Maharani.

Hadir pula Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga: Akun Twitter Najwa Shihab Diserang Hacker  Setelah  Konflik  Dengan Nikita Mirzani

Dari tayangan video di YouTube Sekretariat Presiden, salah satu moment penting dari peringatan tersebut sekaligus sebagai klimaks acara adalah ketika Ketua DPR membacakan dan menandatangani naskah ikrar.

Yakni, ikrar tekad bulat bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Upacara peringatan sendiri diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, Inspektur Upacara memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur.

Baca Juga: Penahanan Putri Candrawathi Tepis Perlakuan Diskriminasi bagi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Kemudian, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila. Sementara Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Kuntungan Kuliah di STAN

Rabu, 30 November 2022 | 19:40 WIB

Lombok Barat Berhasil Tuntaskan Stop Buang Air Besar

Rabu, 30 November 2022 | 19:38 WIB
X