• Rabu, 30 November 2022

Baca Jakarta, upaya meningkatkan minat membaca bagi generasi muda di Kota Jakarta

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:43 WIB
Peresmian Baca Jakarta sebuah upaya meningkatkan minat baca  generasi muda di Jakarta.
Peresmian Baca Jakarta sebuah upaya meningkatkan minat baca generasi muda di Jakarta.

 

 

SUARAKARYA: Baca Jakarta, sebuah upaya meningkatkan minat baca generasi muda di Ibu Kota.

Bergerak sejak 2019, partisipasi masyarakat dalam tantangan membaca 30 hari bersama keluarga di rumah jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem membaca berkelanjutan yang terbangun melalui sebuah kebiasaan.

 

Baca Juga: Program Jakarta Cinta Quran, Wagub Ariza Berharap Warga Ibu Kota Ketagihan Membaca Al Quran

Sebagai wujud apresiasi kepada masyarakat atas keikutsertaannya dalam gerakan membaca ini, Perayaan Baca Jakarta 2022 digelar oleh  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/1022). 

<span;>Dalam perayaan ini, diselenggarakan pula Konser Baca yaitu sebuah perayaan Baca Jakarta berupa pembacaan cerita oleh para pegiat literasi sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh peserta anak yang telah mengikuti Tantangan Baca Jakarta.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali menyampaikan bahwa membaca dapat membantu untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas, menambah ilmu, meningkatkan keterampilan bahasa dan kemampuan berpikir.

Baca Juga: Tingkatkan Minat Masyarakat, Digelar Tantangan Baca Jakarta

Gubernur DKI Anies Baswedan mentampaikan harapan untuk meningkatkan minat baca di kalangan anak muda.


 Tentunya, membaca menjadi lebih seru dengan diselenggarakannya Tantangan Baca Jakarta, yang bertujuan untuk meningkatkan budaya gemar membaca di masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk seluruh peserta, baik anak-anak dan keluarga, sebagai pendamping yang telah berpartisipasi dalam Tantangan Baca Jakarta Tahun 2022. Membaca dapat menjadi satu kegiatan alternatif bermanfaat dan menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga.

"Orang tua mendampingi anak dalam berliterasi, baik membaca maupun menuliskan serta mengekspresikan apa yang mereka baca dari buku yang mereka sukai," ucapnya. 

Lebih lanjut,  Marullah menambahkan, kegiatan membaca menjadi makin seru dengan diselenggarakannya Perayaan Baca Jakarta 2022 yang diharapkan dapat meningkatkan budaya gemar membaca.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Sumber: Siaran Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemnaker Dorong Lembaga K3 Tingkatkan Mutu Layanan K3

Senin, 28 November 2022 | 21:58 WIB
X