• Kamis, 1 Desember 2022

Ini Cara Mempersiapkan Rencana Keuangan Untuk Masa Senja

- Jumat, 30 September 2022 | 18:17 WIB
Ini Cara Mempersiapkan Rencana Keuangan Untuk Masa Senja
Ini Cara Mempersiapkan Rencana Keuangan Untuk Masa Senja

SUARAKARYA.ID: Jelang usia senja, tingkat produktivitas seorang pekerja dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah bisa berkurang. Pasalnya, para pekerja akan memasuki masa pensiun dimana penghasilan bulanan tidak lagi sama dengan ketika bekerja, atau bahkan nihil.
Guna menyongsong masa senja dengan aman dan sejahtera, seseorang perlu merencanakan keuangan dengan matang.

Ada sejumlah keuntungan yang bisa didapat bila seseorang rutin membuat perencanaan keuangan dengan matang sebelum memasuki masa pensiun.


1. Tidak bergantung keluarga
Bila di masa produktif seseorang sudah menyisihkan dana ataupun investasi sebagai passive income untuk masa senja, maka ia tak perlu lagi kebingungan untuk menyambung hidupnya ketika penghasilan berkurang. Ia bisa tetap menjalani hidup dan memenuhi kebutuhan dengan memadai tanpa perlu membebani keluarga maupun orang sekitar.

Baca Juga: Bank bjb Tandatangani Pakta Integritas dengan BPDPKS


2. Memutus rantai generasi sandwich
Salah satu permasalahan yang kerap dibahas saat ini adalah tentang beban finansial generasi sandwich. Mereka adalah generasi yang harus berjibaku memenuhi kebutuhan keluarga dan anak, sekaligus juga generasi di atas alias orangtuanya. Alhasil, dana yang terkumpul setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan diri pun harus terkuras.


Bila berlangsung dalam jangka waktu panjang, hal tersebut bisa menurunkan derajat kesejahteraan generasi sandwich. Mereka pun berisiko untuk mengulang skema yang sama pada generasi di bawah mereka karena minimnya ketersediaan tabungan untuk masa senja.


Dengan melakukan perencanaan keuangan yang matang untuk masa pensiun, seseorang dapat memutus rantai generasi sandwich dengan ketersediaan dana yang telah diatur. Untuk melakukan perencanaan keuangan di masa senja, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuka tabungan pensiun.
Mempersiapkan simpanan melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) adalah salah satu cara termudah untuk merancang dana untuk masa senja.

Baca Juga: bank bjb Sabet Penghargaan Top 100 Most Valuable Brands 2022

DPLK merupakan dana pensiun yang dibentuk oleh bank atau asuransi jiwa untuk menyelenggarakan program pensiun iuran pasti (PPIP) bagi perorangan, baik karyawan ataupun pekerja mandiri.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank bjb Raih Banking Award Dari LPS 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 13:30 WIB

Lombok Barat Berhasil Tuntaskan Stop Buang Air Besar

Rabu, 30 November 2022 | 19:38 WIB
X