• Senin, 28 November 2022

Zainulbahar Noor Buka Konferensi WZWF, Krisis Biaya Hidup Pasca Pandemi Jadi Tema Penting

- Kamis, 29 September 2022 | 11:14 WIB
Sekjen World Zakat and Waqf Forum (WZWF) Prof (HC) Dr Zainulbahar Noor, M.Ec RI membuka konferensi internasional WZWF 2022 dengan tema
Sekjen World Zakat and Waqf Forum (WZWF) Prof (HC) Dr Zainulbahar Noor, M.Ec RI membuka konferensi internasional WZWF 2022 dengan tema

SUARAKARYA.ID: Sekretaris Jenderal World Zakat and Waqf Forum (WZWF) Prof (HC) Dr Zainulbahar Noor, M.Ec RI membuka konferensi internasional WZWF 2022 dengan tema "Leeds 2022 World Zakat & Waqf Forum ", di Leeds, Inggris, Rabu (28/9/2022).

Pembukaan konferensi internasional WZWF 2022 yang diselenggarakan pada 28-30 September juga dihadiri oleh Shayich Dr. Tawfiq Choudury  yang menyampaikan sambutan terkait The Spirit of Zakat.

Turut hadir mewakili Ketua Baznas RI, Pimpinan Baznas RI Prof Dr Nadratuzzaman Hosen,  Executive Secretary WZWF Prof Dr Irfan Syauqi Beik, dan Ketua WZWF R&D Dr M Hasbi Zaenal.

Baca Juga: Baznas Utamakan Transparansi Dalam Pengelolaan Dana Zakat

"Konferensi WZWF 2022 ini dihadiri oleh beberapa pejabat, para pemangku kepentingan serta Pimpinan Lembaga Zakat dari  dari 40 negara Anggota WZWF," ujar Zainulbahar yang juga merupakan Pimpinan Baznas RI.

Zainul menjelaskan, poin penting yang akan dibahas dalam WZWF 2022 ini yakni pembahasan terkait Technical Notes Zakat Core Principal & Waqf Core Principle, yang telah dilengkapi oleh Baznas, BWI dan Bank Indonesia untuk disahkan di dalam Annual Meeting WZWF.

"Adapun beberapa tema pembahasan WZWF 2022 ini terkait, Krisis Biaya Hidup, dan Peran Zakat & Wakaf, Desentralisasi Keuangan dan Peran Zakat dan Wakaf, Mengintegrasikan Instrumen Keuangan Sosial Islam untuk Keberlanjutan dan Transformasi," ujarnya.

Baca Juga: Pencanangan Gerakan Cinta Zakat Oleh Presiden Jokowi Diserahkan Ke ANRI Sebagai Arsip Statis Dari Baznas

Selain itu, Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas yang diwakili oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA akan menyampaikan materi dengan tema "The Role of Government to Support Zakat and Waqf Development".

Sebuah topik yang selama ini dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI yang dapat dijadikan role model oleh negara-negara OKI dalam peran Kementerian Agama terkait dengan Pengembangan Zakat dan Wakaf terutama di setiap negara-negara Islam.

 Baca Juga: Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Zakat, Baznas Lakukan Sertifikasi Pimpinan Dan Staf Pelaksana Daerah

Salah satu agenda Konferensi WZFW.F


Adapun Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad yang diwakili oleh Pimpinan BAZNAS RI Prof. Dr. Nadratuzzaman Hosen akan memberikan materi terkait dengan "Policy Design for Effective Regulation that Could Optimize the Potential for Zakat and Waqf". Ketua BWI juga akan tampil pada Plenary Session terkait dengan "Identitying Possible Future Zakat and Waqf Collaboration Among WZWF Member Countries".

Acara ini dilaksanakan oleh National Zakat Fund UK yang dipimpin oleh Direktur Eksekutif Dr. Azim Kidwai, dan disponsori oleh beberapa organisasi termasuk dalam lingkar PBB, dan Bank Muamalat Indonesia yang ikut mensponsori pengiriman Delegasi Kantor Pusat WZWF pada acara ini.

Baca Juga: Salurkan Zakat Ke Baznas, Menteri Suharso Sebut Di Dalam Harta Kita Ada Hak Orang Lain

Konferensi Internasional WZWF 2022 merupakan ajang pertemuan para pegiat zakat dan wakaf dunia untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pengelolaan zakat dan wakaf secara global guna mencapai tujuan menyejahterakan masyarakat dunia. ***

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Siaran Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hindari PHK, Kemnaker Dorong Dialog Bipartit 

Kamis, 24 November 2022 | 17:40 WIB
X