Kapusdiklat Tekfunghan: Api Semangat Bela Negara Dilaksanakan Untuk Memupuk Nilai-nilai Bela Negara

- Kamis, 29 September 2022 | 07:26 WIB
Foto: Pusdiklat Tekfunghan
Foto: Pusdiklat Tekfunghan

SUARAKARYA.ID: Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Dra. Endang Purwaningsih, M.Si., memimpin langsung acara Api Semangat Bela Negara dalam rangka Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Gelombang II, yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Tekfunghan Tahun 2022, pada Rabu (28/9/2022) pukul 19.00-20.00 bertempat di lapangan apel Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Jl. Salemba Jakarta.

Api Semangat Bela Negara (ASBN) ini dilaksanakan untuk memupuk nilai-nilai Bela Negara, yaitu nilai Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara serta kemampuan awal bela negara, agar menjadi landasan sikap mental dan perilaku yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan kerja maupun masyarakat.

Baca Juga: Kepala Pusdiklat Tekfunghan Endang Purwaningsih Memimpin Sosialisasi Pengoperasian Sarana Smart Class

Perlunya Internalisasi nilai-nilai Bela Negara bagi para peserta didik ini merupakan bekal yang sangat berharga dalam memberikan dharmabakti yang terbaik kepada bangsa dan negara sesuai dengan bidang profesi masing-masing.

Adapun rangkaian acara ASBN ini diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diikuti oleh seluruh peserta Acara, mengheningkan cipta dipimpin oleh Pimpinan acara, dilanjutkan pembacaan teks Pancasila oleh Pimpinan Acara diikuti oleh seluruh peserta Acara, pesan-pesan Pimpinan Acara, pembacaan Ikrar Bela Negara oleh seluruh peserta acara, Prosesi Penyalaan Api Semangat Bela Negara, pembacaan Puisi, prosesi Penciuman dan Penghormatan Bendera Merah Putih diawali oleh Pimpinan Acara, pembacaan doa serta menyanyikan Mars Bela Negara dan Bagimu Negeri.

Foto: Pusdiklat Tekfunghan

Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Dra. Endang Purwaningsih, M.Si. dalam pesan – pesannya mengatakan,” melalui semangat Api Bela Negara, saya mengajak seluruh peserta pelatihan dasar CPNS Kementerian Pertahanan, Golongan III Gelombang ke II, Angkatan ke-23 tahun 2022, untuk senantiasa, mengingat dan meneguhkan tekat kita, sesuai dengan bidang profesi kita masing -masing, dalam rangka bela negara untuk membangun kejayaan bangsa,” katanya.

Baca Juga: Pusdiklat Tekfunghan Kemhan, Ini Tugas Pokok dan Fungsinya

Oleh karena itu lanjutnya, pada kesempatan ini ada beberapa pesan yang akan saya sampaikan kepada seluruh peserta yaitu :

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X