• Kamis, 1 Desember 2022

35 Perempuan Mandiri Akan Iringi Iriana Jokowi di Parade Kebaya Peringati Hari Batik

- Rabu, 28 September 2022 | 22:40 WIB
Panitia Parade Kebaya bersama Ibu Negara Iriana Jokowi saat memaparkan kegiatan parade kebaya di Solo (Endang Kusumastuti)
Panitia Parade Kebaya bersama Ibu Negara Iriana Jokowi saat memaparkan kegiatan parade kebaya di Solo (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Memperingati Hari Batik Nasional, Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) bersama 2.500 wanita berkebaya akan mengikuti parade kebaya di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (2/10/2022).

Dalam acara bertajuk 'Berkebaya Bersama Ibu Negara' itu, juga melibatkan 35 perempuan mandiri. Mereka akan menyambut kedatangan Iriana di Loji Gandrung, rumah dinas Wali Kota Solo.

Mereka terdiri dari 10 bakul jamu gendong, 10 penjual makanan tradisional khas Solo dan 5 pesinden jalanan, 5 abdi dalem keraton serta 5 buruh gendong Pasar Legi.
 

"Sebanyak 35 perempuan mandiri yang dilibatkan tersebut mereka yang dalam kesehariannya mengenakan kebaya," jelas Ketua Panitia Raden Ayu (RAy ) Febri Hapsari Dipokusumo, saat menggelar konferensi pers di The Sunan Hotel, Solo, Rabu (28/9/2022).

Menurut Febri, hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang nguri-uri (melestarikan) kebudayaan Jawa dengan mengenakan kebaya. Diantara mereka ada 7 buruh gendong dan jamu gendong yang kemarin diundang ke Istana Negara Jakarta saat upacara HUT Kemerdekaan RI.

Peserta parade kebaya akan mengenakan kebaya model kutu baru, kartibi dan brokat. Ketiga model itu juga yang akan diajukan ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

Baca Juga: Lirik Lagu Kicir Kicir Lagu Daerah Betawi

"Karena kita juga memperingati Hari Batik Nasional  maka untuk bawahannya menggunakan kain batik," jelasnya lagi.

Peserta parade kebaya yang berjumlah 2.500 orang bersama dengan Iriana Jokowi, OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Era) Kabinet Indonesia Maju, istri-istri gubernur se Indonesia, Ketua DPR RI Puan Maharani akan berjalan dari Loji Gandrung menuju Ndalem Wuryaningratan yang berjarak 750 meter.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank bjb Raih Banking Award Dari LPS 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 13:30 WIB

Lombok Barat Berhasil Tuntaskan Stop Buang Air Besar

Rabu, 30 November 2022 | 19:38 WIB
X