• Senin, 28 November 2022

Nadiem Makarim, Ini Biodata Sang Menteri yang Sedang Banyak Dicari Pasca Polemik Tim Bayangan

- Rabu, 28 September 2022 | 22:33 WIB
Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim (Istimewa)
Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim (Istimewa)

SUARAKARYA.ID: Sosok Nadiem Makarim belakangan menjadi sorotan usai disemprot habis-habisan oleh Anggota Komisi X DPR RI. Pengusaha yang kini menduduki kursi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) ini kepleset "Shadow Organization" saat berbicara di forum PBB bertajuk Transforming Education Summit di New York, September 2022.

Berbicara di hadapan delegasi dari sejumlah negara, Nadiem Makarim buka-bukaan tentang transformasi teknologi dalam pendidikan di Indonesia. Dia menyebut 'tim bayangan' itu yang terdiri dari 400 orang yang ketua tim organisasinya se-level Dirjen di Kementeriannya.

Ungkapan keberhasilan yang membuat kagum para delegasi yang hadir itu justru menjadi boomerang bagi Nadiem Makarim di dalam negeri. "Anda boleh bangga ditepuk-tangan di PBB. Tapi bagi kami tidak. Kami tidak bangga sama sekali," ujar Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Demokrat Anita Jacoba Gah di ruang rapat Komisi X DPR, dua hari lalu.

Baca Juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Soleram, Lagu Asal Daerah Riau

Tidak tanggung-tanggung, wakil rakyat ini menyebut orang luar negeri tepuk tangan karena mereka tidak tahu apa-apa. Dia kemudian mempertanyakan masih banyak ketertinggalan di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) dan soal tim bayangan yang dibanggakan Nadiem Makarim tersebut di luar negeri tersebut.

Belakangan Nadiem mengklarifikasi bahwa "Shadow Organization" yang dimaksud adalah vendor bernama GovTech Edu yang berada di bawah anak perusahaan PT Telkom. "Mereka adalah vendor," ujarnya.

Seperti diketahui, Nadiem Makarim yang bernama lengkap Nadiem Anwar Makarim itu merupakan seorang pengusaha berkebangsaan Indonesia. Pria kelahiran Singapura pada 4 Juli 1984 itu dipercaya menjadi Mendikbud Ristek sejak 23 Oktober 2019.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Tabir Kepalsuan - Rhoma Irama

Ayam Nadiem Makarim, bernama Nono Anwar Makarim asal Pekalongan merupakan seorang pengacara. Sedangkan ibunya, Atika Algadrie berasal dari Pasuruan yang bekerja di bidang non-profit.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hindari PHK, Kemnaker Dorong Dialog Bipartit 

Kamis, 24 November 2022 | 17:40 WIB
X