Menaker Tinjau Penerima BSU di Sejumlah Tempat 

- Rabu, 28 September 2022 | 06:33 WIB
Menaker Ida Fauziyah (tengah) dan para penerima BSU.
Menaker Ida Fauziyah (tengah) dan para penerima BSU.
 
 
SUARAKARYA.ID: Penerima manfaat BSU 2022 di PT Adhiya Avia Prima Kota Tangerang, RM Ayam Goreng Suharti Jakarta Selatan, Baznas Kota Bogor, dan PT Venus Prima Sentosa Kota Bogor memperoleh tinjauan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, Jumat (23/9/2022). 
 
Pada peninjauan penerima BSU, di RM Ayam Goreng Suharti Jakarta Selatan, Menaker didampingi  beberapa pejabat dari instansi terkait. Di antaranya; Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta BPJS Ketenagakerjaan Eko Nugriyanto, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta Andriyansyah. 
 
Usai santap siang bersama di RM Ayam Goreng Suharti, Menaker bersama rombongan menyambangi, menyapa dan berdialog dengan para pekerja penerima BSU terkait BSU
 
 
"Alhamdulillah dari kunjungan di 4 titik hari ini, para pekerja sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan sudah mendapatkan BSU," ujar Menaker
 
Dia menjelaskan, BSU merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada para pekerja dan pengusaha yang telah menyertakan para pekerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 
 
"Karena, kalau para pekerja tidak diikutkan dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan, berarti tidak ada jalan mendapatkan BSU," ujar Menteri. 
 
Selain itu, sambungnya, BSU juga dalam rangka meringankan para pekerja. Dalam memenuhi keperluan sehari-hari sebagai akibat dari kenaikan bahan bakar minyak (BBM). 
 
 
"Ini adalah pengalihan subsidi BBM yang diterimakan langsung oleh para pekerja. Mudah-mudahan program ini memberikan manfaat untuk para pekerja di Indonesia," ujar Menaker
 
Pada kesempatan itu, Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta BPJS Ketenagakerjaan Eko Nugriyanto mengatakan  Menaker Ida Fauziyah  Jum'at (23/9/2022) memonitor dan kunjungan sekaligus malakukan  pengecekan langsung ke perusahaan-perusahaan, atau ke instansi, apakah karyawannya sudah menerima BSU atau belum. 
 
Kebetulan di Provinsi DKI Jakarta ini perusahaan yang dituju adalah RM Ayam Goreng Suharti di Jalan Kapten Tendean Jakarta Selatan. 
 
 
"RM Ayam Goreng Suharti  dikunjungi pas pada siang hari, Menaker Ida Fauziyah mengecek apakah karyawan/pekerja di sini sudah  menerima  BSU dari pemerintah sekitar Rp600.000. Yang diberikan kepada seluruh pekerja di Indonesia yang memenuhi persyaratan sesuai ketentuan dari pemerintah," ungkapnya. 
 
Lebih lanjut, Eko Nugriyanto menyatakan, data pekerja dari BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan dua minggu ke depan sudah seluruhnya diberikan kepada Kemnaker, tentunya sesuai persyaratan yang ada. 
 
"Data yang diserahkan pihaknya kepada Kemnaker merupakan data pekerja yang sudah dilaporkan melalui kanal resmi BPJAMSOSTEK. Kemudian telah dilakukan verifikasi untuk memastikan validitas data itu," tuturnya. 
 
 
Untuk mempercepat proses dan ketepatan penyaluran BSU kepada semua pekerja Indonesia, ujar dia, pihaknya membuka kanal pengumpulan data yang hanya dapat dilakukan oleh Pemberi Kerja/ HRD/ Personalia Perusahaan. Yaitu melalui aplikasi resmi Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan atau biasa disebut SIPP. 
 
Untuk menghindari informasi yang tidak benar dan menyesatkan, bagi pekerja yang ingin mengetahui, apakah dirinya layak sebagai calon penerima BSU atau tidak. Dapat diakses kanal resmi melalui bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id dan laman Kemnaker yakni bsu.kemnaker.go.id 
 
BSU ini manfaat lain yang dapat diterima di luar program yang kami selenggarakan. Untuk itu, kami mengimbau perusahaan/ pemberi kerja, selalu memastikan semua pekerjanya telah terdaftar, melaporkan gaji/ upah dengan benar, serta tidak menunggak pembayaran iuran program BPJAMSOSTEK,” terang Eko. 
 
 
Di bagian lain, Kepala Kantor Cabang Jakarta Mampang Ivan Sahat H Pandjaitan, diwakili  Kepala Kantor Perwakilan Jakarta Pasar Minggu mengatakan, siap mendukung penuh program pemerintah khususnya dalam hal menyajikan data penerima BSU yang akurat.
 
“Kami segera mungkin untuk memberikan data penerima BSU khususnya binaan cabang kami. Agar secepatnya terealisasi dan tepat sasaran," jelas Ivan. 
 
Sementara, seorang penerima BSU, Noor Ridwan Bin Taswadi (51), saat diajak dialog Menaker menyatakan terima kasihnya kepada pemerintah. Dia mengatakan, BSU yang diterimanya membantu meringankan kebutuhan sehari-hari. 
 
 
"Saya sampaikan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan, pemerintah, khususnya bapak presiden dan Bu Menaker," kata Noor Ridwan.***
 

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X