• Minggu, 4 Desember 2022

Dilepas Presiden Jokowi, HI Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Pakistan

- Selasa, 27 September 2022 | 19:55 WIB
Relawan Human Initiative mengawal bantuan kemanusiaan untuk korban banjir di Pakistan. Bantuan dilepas Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdana Kusuma, Senin (26/9/2022).
Relawan Human Initiative mengawal bantuan kemanusiaan untuk korban banjir di Pakistan. Bantuan dilepas Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdana Kusuma, Senin (26/9/2022).



SUARAKARYA.ID:  Lembaga kemanusiaan Human Initiative (HI), yang mewakili Indonesia mengirimkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir di Pakistan.

Bantuan dikirim dari Bandara Halim Perdana Kusuma menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

 Bantuan tersebut  dilepas oleh Presiden Joko Widodo yang hadir bersama sejumlah pejabat.

Baca Juga: Jembatan Rawayan Terputus Anak-anak Harus Berjuang ke Sekolah, HI Ajak Masyarakat Bantu Korban Banjir Garut

Relawan Human Initiative saat ini sedang dalam rombongan penerbangan menuju Pakistan dalam rangka mendukung dan mengawal distribusi bantuan kemanusiaan untuk Pakistan mewakili unsur masyarakat sipil.

 Bantuan kemanusiaan rakyat Indonesia untuk Pakistan ini sendiri adalah wujud kolaborasi dari Gerakan Solidaritas Kedermawanan (GSK) bersama Kemenko PMK, BNPB, Indonesian Humanitarian Alliance ( IHA), aliansi Humanitarian Forum Indonesia (HFI) dan Forum Zakat (FOZ).

Seluruh bantuan  akan dikirim untuk masyarakat di wilayah Karachi, Pakistan yang terdampak banjir sejak akhir Agustus 2022 lalu.

Baca Juga: Presiden Tomy Indrajati Sebut 25 Program HI Menjangkau 64 074 Orang Penerima Manfaat

 

“Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, HI yang merupakan anggota HFI mendukung Pemerintah RI untuk mengawal bantuan kemanusiaan ke Pakistan. Sudah sepatutnya kita turut berempati pada bencana yang menimpa masyarakat terdampak di sana yang hingga kini telah merenggut lebih dari 1600 jiwa serta berdampak pada sekitar 33 juta jiwa.

 

Bantuan kemanusiaan diangkut Garuda Indonesia menuju Paskistan, dilepas Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusuma, Senin (26/9/2022).

"Bangsa Indonesia yang kerap menghadapi tantangan bencana alam sangat memahami kesulitan yang dihadapi masyarakat terdampak, sehingga pemerintah Pakistan menyampaikan kebutuhan atas bantuan global untuk dapat segera menangani bencana yang dialaminya,” kata  Andjar Radite, Vice President Operations Human Initiative.

“Untuk itu, bantuan dari berbagai organisasi di Indonesia yang dititipkan bersama bantuan Pemerintah RI diharapkan dapat sampai pada pihak-pihak yang membutuhkan dan dapat bermanfaat secara optimal terhadap upaya pemerintah Pakistan dalam penanggulangan bencana banjir ini,” tuturnya.

 

Baca Juga: Program Kurban HI Antarkan Manfaat ke 250,000 Keluarga hingga Pelosok Negeri

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengirimkan dana bantuan sekitar USD1 Juta untuk masyarakat terdampak banjir di Pakistan.

Selain itu, Pemerintah juga secara kolektif mengirimkan bantuan dari berbagai pihak termasuk NGO yang berada di Indonesia.


“Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam menghadirkan barang-barang bantuan dari Indonesia serta kepada semua pihak yang menyampaikan kepada masyarakat terdampak yang membutuhkannya,” tutur Andjar. ***

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Sumber: Siaran Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemnaker Buka Akses Pemagangan ke Korea

Minggu, 4 Desember 2022 | 04:32 WIB
X