• Kamis, 1 Desember 2022

Dua Bulan Gunakan Kompor Listrik, Warga Mojo Kota Solo Akui Lebih Efisien

- Selasa, 27 September 2022 | 17:26 WIB
Salah satu warga di Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon,Solo memasak menggunakan kompor induksi (Endang Kusumastuti)
Salah satu warga di Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon,Solo memasak menggunakan kompor induksi (Endang Kusumastuti)

SUARAKARYA.ID: Ratusan warga di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo,Jawa Tengah, sejak dua bulan terakhir telah beralih menggunakan kompor listrik. Kota Solo memang menjadi salah satu kota percontohan untuk uji coba konversi kompor gas elpiji ke kompor listrik atau kompor induksi.

"Sudah dua bulan ini menggunakan kompor listrik. Kalau saya, ini lebih hemat, aman dan efisien dan tidak ribet. Kalau dulu menggunakan gas kalau pas malam-malam gas nya habis susah cari, terus pasang selang juga harus pas," jelas  salah satu warga HP 0001 RT06 RW 3, Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon Solo, Suyatmi (50), Selasa (27/9/2022).

Dirinya juga tidak perlu khawatir tagihan lisrik akan naik setelah menggunakan kompor induksi tersebut. Pasalnya, dirinya termasuk dalam data keluarga penerima manfaat (KPM) konversi kompor listrik sehingga mendapatkan subsidi listrik.

Baca Juga: Lirik Lagu Kicir Kicir Lagu Daerah Betawi

"Dari PLN daya listriknya dinaikkan menjadi 2.200 VA tapi gratis. Untuk pulsa listrik juga dapat subsidi, kalau beli yang Rp50.000 isinya sekitar 75 kWh, ini cukup untuk sekitar hampir 1 bulan pemakaian listrik," jelasnya lagi.

Dari sisi keamanan, dirinya juga mengaku lebih aman karena PLN memasang MCB (Miniature Circuit Breaker) untuk membagi daya. Yakni 1.300  untuk kompor listrik dan 900 kWh untuk keperluan lainnya. Selain itu, cara menggunakan kompor listrik juga lebih mudah dan ada timer atau pengatur waktunya.

"Tapi yang menjadi pertanyaan saya, nanti kalau kompor ini rusak bagaimana? karena saat saya tanya harga kompornya ternyata juga mahal," katanya.

Baca Juga: Temui Rocky Gerung, Gibran Sebut Berguru Pada Wong Pinter dan Jenius

Warga Mojo lainnya. Kateni (47) juga mengaku senang menggunakan kompor listrik gratis itu. Pedagang bakso cilok itu juga mengatakan merasa lebih aman menggunakan kompor listrik dibandingkan kompor gas.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank bjb Raih Banking Award Dari LPS 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 13:30 WIB

Lombok Barat Berhasil Tuntaskan Stop Buang Air Besar

Rabu, 30 November 2022 | 19:38 WIB
X