• Kamis, 1 Desember 2022

GMBI: Pemkot Bekasi Belum Maksimal Soal Sertifikasi Aset Daerah, Berpotensi Pindah Tangan

- Selasa, 27 September 2022 | 05:22 WIB
Sekjen LSM GMBI menyebut Pemkot Bekasi belum maksimal soal sertifikasi aset daerah. (FOTO: Dharma/Suarakarya.id).
Sekjen LSM GMBI menyebut Pemkot Bekasi belum maksimal soal sertifikasi aset daerah. (FOTO: Dharma/Suarakarya.id).

SUARAKARYA.ID: Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Kota Bekasi menilai, Pemkot Bekasi dalam hal ini Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) belum bisa mempercepat proses penatausahaan tanah yang menjadi aset daerah.

Sejauh ini, masih banyak aset daerah berupa tanah, gedung dan bangunan yang belum tercatat. Sehingga kemudian menjadi catatan dalam pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) setiap tahunnya.

Sekjen LSM GMBI Kota Bekasi, Asep Sunarya mengatakan, ketika pencatatan aset tidak segera dilakukan, dikhawatirkan aset-aset milik daerah tersebut bakal berpindah tangan kepada pihak tertentu.

EBaca Juga: Perubahan APBD 2022 Kota Bekasi Defisit Sampai Rp750 Miliar Lebih

"Semua tanah yang menjadi aset daerah harus tercatat dengan baik, agar pengelolaannya lebih jelas," kata Asep kepada Suarakarya.id saat ditemui di kantor LSM GMBI Kota Bekasi, di Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Senin (27/9/2022).

Asep juga menaruh perhatian terkait aset-aset daerah yang dikuasai oleh pihak ketiga seperti pengembang perumahan.

Sebagai contoh, serah terima fasos-fasum dari pengembang ke pemkot dinilai lamban. Menurutnya, keterlambatan inilah menyebabkan Pemkot Bekasi tidak bisa melakukan pengambilan paksa. Seperti Perumahan Pertanian di wilayah Kaliabang Tengah.

Baca Juga: Kekecewaan Fraksi Demokrat: Rapat Paripurna Perubahan APBD 2022 Terkesan Dadakan hingga So Bagi-Bagi 50 Persen

Saat itu, ada beberapa aset daerah hingga pengembang sudah tidak ada.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pj Gubernur Heru: Soliditas Tiga Pilar Jaga Kamtibmas

Rabu, 23 November 2022 | 22:09 WIB
X