• Jumat, 7 Oktober 2022

Revitalisasi TIM Harus Mampu Tingkatkan Level Kesenian Jakarta Hingga Tingkat Global

- Jumat, 23 September 2022 | 23:40 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan (tengah) menyaksikan salah satu karya seni di TIM saat  meresmikan  revitalisasi  TIM , Jumat (23/9/2022).
Gubernur DKI Anies Baswedan (tengah) menyaksikan salah satu karya seni di TIM saat meresmikan revitalisasi TIM , Jumat (23/9/2022).



SUARAKARYA.ID: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan Pagelaran Perdana seni teatrikal yang berlangsung di Gedung Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat,  Jumat (23/9/2022).

Event  ini sebagai penanda pembukaan kembali TIM yang telag direvitalisasi. Dengan demikian, kegiatan seni dan kebudayaan bisa disaksikan kembali oleh masyarakat di TIM.

Dalam acara tersebut, Anies turut menyumbangkan pertunjukan yang menghibur penonton dengan membacakan Puisi karya sang maestro, WS.Rendra dengan judul Rakyat Adalah Sumber Kedaulatan.

Baca Juga: Beri Kuliah Umum Di UM Metro Lampung, Anies Baswedan Bocorkan Tiga Capaian Bagi Mahasiswa

Aksi pembacaan puisi ini mengundang tepuk tangan dari penonton karena Gubernur  membacakan puisi tersebut dengan khidmat.

Setelah itu, dalam sambutannya Anies mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kinerja kolektif seluruh pihak yang terlibat dalam revitalisasi TIM.

Revitalisasi ini dilakukan untuk peningkatan kualitas fasilitas dari berbagai macam sisi, seperti elemen ruang, furnitur, efektivitas ruang, ergonomi, fasilitas penyandang difabel, hingga pemenuhan kebutuhan pengguna yang perlu diperhatikan dan diselaraskan dengan kebutuhan pertunjukan masa sekarang.

Baca Juga: Puji Kinerja Baznas (Bazis), Anies Baswedan Serahkan Muzakki Istimewa Award Kepada Para Pejabat Pemprov DKI

"Izinkan dalam kesempatan ini kami sampaikan terima kasih pada semua nama yang telah menghibahkan waktunya pikirannya energinya perasaannya di dalam menyiapkan sebuah pembaharuan.

 Hal ini untuk meningkatkan posisi Jakarta, posisi Indonesia bukan sekadar menjadi pemain samping tapi menjadi pemain dominan di dalam gelanggang seni budaya internasional," ujarnya.

Anies juga menginginkan TIM ini menjadi wadah yang bisa mewadahi seluruh penggiat seni dan budaya untuk bisa melahirkan karya-karya besar di kemudian hari.

Baca Juga: Generasi Milenial Puji Anies Baswedan Yang Berhasil Menyatukan KNPI DKI Jakarta

 Karya-karya tersebut diharapkan juga dapat mempesona hingga skala global.

Diakhir masa jabatannya Gubernur DKi Anies Baswedan getol meresmikan proyek.

 


"Mereka-mereka yang nantinya akan menandai bahwa dari Indonesia hadir seniman seniman hebat, mewakili nama kita di gelanggang dunia.

 Hal ini juga kesempatan bagi kita untuk mengundang seluruh dunia beserta tampil di tempat ini.

"Sebagai sebuah karya yang menandai Jakarta sebagai Kota global dan sebuah karya yang menandai komitmen kami dalam mendukung kegiatan seni dan budaya," tutur Gu Anies.

Baca Juga: Anies Baswedan Masuk Bursa Bakal Calon Presiden Paling Potensial

Komitmen tersebut menurut  Anies dipertegas dengan prioritas pemerintah yang memberi perhatian penuh terhadap seluruh kegiatan kesenian dan kebudayaan.

Hal ini dilakukan dengan menyediakan alokasi pembiayaan untuk berbagai kegiatan kesenian dan kebudayaan, karena itulah di TIM dilakukan pembaruan.

"Di sini dilakukan peningkatan mutu dan kualitas. Ini dilakukan tanpa disertai dengan komersialisasi, tapi justru dengan mengalokasikan yang cukup untuk kegiatan  kebudayaan," ucap  Anies. ***¹

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Sumber: Siaran Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Jadi ke-495, Momentum Kebangkitan Indramayu

Jumat, 7 Oktober 2022 | 11:04 WIB

DKI Jakarta Beri Bantuan Hibah ke 11 Daerah

Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:49 WIB
X