• Jumat, 7 Oktober 2022

Anggaran Perjalanan Dinas Luar Negeri Anggota DPRD Kota Bekasi Capai Rp6,9 Miliar

- Jumat, 23 September 2022 | 10:26 WIB
Anggaran belanja perjalanan Dinas Luar Negeri Anggota DPRD Kota Bekasi mencapai Rp6,9 miliar, dijadwalkan tahun 2022. (FOTO: Dharma/Suarakarya.id).
Anggaran belanja perjalanan Dinas Luar Negeri Anggota DPRD Kota Bekasi mencapai Rp6,9 miliar, dijadwalkan tahun 2022. (FOTO: Dharma/Suarakarya.id).

SUARAKARYA.ID: Belum lama ini, Sekrerariat DPRD Kota Bekasi menyampaikan rilis terkait anggaran Perjalanan Dinas ke luar negeri anggota DPRD Kota Bekasi yang muncul di beberapa media lokal dan nasional.

Untuk diketahui, berdasarkan laman Sistem Rencana Umum Penggunaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SiRUP LKPP), dua mata anggaran itu masuk dalam RUP Swakelola Sekretariat Daerah.

Kegiatan berupa fasilitas fungsi DPRD dengan nama paket belanja perjalanan dinas biasa tertuang dalam anggaran F sebesar Rp 23.839.208.000 ribu, serta belanja perjalanan Dinas biasa Luar Negeri di anggarkan Rp 6,937.930.000.

Baca Juga: BBM Naik, DPRD Kota Bekasi Renovasi Ruang Sidang Paripurna Capai Rp6 Miliar, Gelora: Ketua DPRD Tak Empati

Berikut 4 point yang disampaikan Setwan Kota Bekasi;

1. Perjalanan dinas ke luar negeri merupakan agenda atau program yang telah ditetapkan dalam rencana kerja 2022, namun dalam pelaksanaannya tetap berpedoman kepada peraturan dan perundangan yang berlaku.

2. Berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Negeri bagi ASN pada Masa Pandemi Covid-19, bahwa perjalanan diluar harus mendapatkan izin dari Kementerian Dalam Negeri. Berdasarkan surat edaran tersebut, perjalanan dinas luar negeri dilakukan dengan sangat selektif untuk kepentingan yang sangat tinggi dan prioritas yang berkaitan dengan peningkatan hubungan kerja sama luar negeri, serta secara konkrit dapat dimanfaatkan bagi peningkatan kinerja Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Sikap Pembelaan PKS, Gelora: Terkesan Ngotot Bela Proyek Rp6 Miliar Renovasi Ruang Paripurna DPRD Kota Bekasi

3. Sampai saat ini Sekretariat DPRD Kota Bekasi pun belum mengajukan surat permohonan perjalanan ke luar negeri anggota DPRD Kota Bekasi kepada Kementerian Dalam Negeri, karena menunggu keputusan bersama pimpinan dan anggota DPRD Kota Bekasi.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Jadi ke-495, Momentum Kebangkitan Indramayu

Jumat, 7 Oktober 2022 | 11:04 WIB

DKI Jakarta Beri Bantuan Hibah ke 11 Daerah

Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:49 WIB
X