• Minggu, 4 Desember 2022

Paduan Bangunan Limasan Sentuhan Modern Karya Disainer Interior asal Solo Raih Penghargaan Internasional

- Selasa, 20 September 2022 | 17:15 WIB
Bagian pendopo depan rumah Limasan House karya Lorca Langit Biru (Endang Kusumastuti)
Bagian pendopo depan rumah Limasan House karya Lorca Langit Biru (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Disainer interior, Lorca Langit Biru menggabungkan konsep tradisional bangunan rumah Jawa, Limasan dengan sentuhan modern sehingga menghasilkan bangunan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat modern.

Siapa sangka, disain karya desainer interior asal Kota solo itu  mampu meraih penghargaan Good Design Award 2022. Dalam ajang internasional tersebut, Lorca meraih penghargaan untuk kategori Architectural  Design – Interior Design.

Dalam karyanya yang bertema Limasan House itu, Lorca tetap mempertahankan nuansa tradisional berupa bangunan pendopo kayu lengkap dengan gebyok ukiran. 

Baca Juga: Lirik Lagu Apuse Dan Terjemahannya

"Tapi ada penyesuaian di interiornya agar 
relevan dengan kebutuhan kehidupan modern. Seperti jendela dalam rumah Jawa dari bentuknya yang kecil menjadi jendela kaca dengan ukuran yang cukup besar," jelas Lorca di kediamannya yang terletak di daerah Colomadu, Karanganyar,Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022).

Hal itu dilakukan untuk  memberikan pencahayaan ruang yang lebih baik di bagian belakang rumah. Selama ini, rumah tradisional Jawa banyak yang terlihat gelap dan terkesan angker. Karena kurangnya pencahataan.

"Dengan sedikit penyesuaian di bagian jendela rumah, nuansa angker itu bisa dihilangkan, ruangan jadi terasa lebih terang, lebih lega dan nyaman,” jelasnya lagi.

Ruangan bagian dalam LImasan House (Endang Kusumastuti)

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank bjb Raih Banking Award Dari LPS 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 13:30 WIB

Lombok Barat Berhasil Tuntaskan Stop Buang Air Besar

Rabu, 30 November 2022 | 19:38 WIB
X