• Jumat, 7 Oktober 2022

Aksi Bersih-Bersih Serentak Sedunia World Cleanup Day Masuk Rekor Indonesia

- Minggu, 18 September 2022 | 10:09 WIB
Aksi bersih-bersih Cleanup Day 2022 kembali digelar Lions Club Distrik 307 A1 dan B1 di wilayah DKI Jakarta meraih penghargaan rekor Indonesia, Sabtu (17/9/2022).
Aksi bersih-bersih Cleanup Day 2022 kembali digelar Lions Club Distrik 307 A1 dan B1 di wilayah DKI Jakarta meraih penghargaan rekor Indonesia, Sabtu (17/9/2022).





SUARAKARYA.ID: Event World Cleanup Day 2022 kembali digelar Lions Club Distrik 307 A1 dan B1 di wilayah DKI Jakarta.

 World Cleanup Day yang merupakan suatu gerakan massa global mengajak setiap orang untuk melakukan kegiatan bersih-bersih yang diadakan serentak di seluruh dunia, yang bertujuan untuk menyatukan komunitas global dan meningkatkan kesadaran akan kebersihan serta melakukan perubahan dalam mewujudkan aksi untuk bumi yang bersih dan sehat.

Kegiatan aksi bersih-bersih yang merupakan kali ke 5 diselenggarakan Lions Club, mengusung tema “Pilah Sampah dari Rumah”, yang bermakna memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat dalam menanggulangi masalah sampah.

Baca Juga: Lions Club Bandung Tohaga Gelar Charity for Disabilities And Cancer

"Dengan memilah sampah dimulai dari rumah, hal inipun terkait dengan kondisi saat ini masih dalam pendemi Covid 19,” ujar Gubernur Distrik Lions Club District 307 B1 Erijanto Djajasudarma, di Universitas Budi Luhur, Sabtu (17/9/2022).

Kegiatan yang disambut baik dan didukung oleh Pemerintah Kota Jakarta Selatan ini, merupakan kegiatan yang sejalan dengan program pemerintah DKI Jakarta yang dituangkan dalam Pergub No. 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga.

Kegiatan Aksi bersih bersih ini terselenggara dengan baik karena adanya kolaborasi Lions Club multi distrik dengan berbagai pihak lintas sektoral.

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT. Tirta Fresindo Jaya (Le Minerale), Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia, Plasticpay, Sekolah Sampah Nusantara, Mountrash Avatar Indonesia, Universitas Budi Luhur, PPI (Perempuan Pemimpin Indonesia) DKI Jakarta dan unit Bank Sampah.

Baca Juga: Lions Club Ajak Bukber 300 Anak Yatim

Sementara itu, di tempat terpisah, Nicko Setyabudi, Circular Economy Sr. Specialist PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, menyampaikan “Chandra Asri mendukung penuh kegiatan World Cleanup Day 2022 yang mengusung tema “Pilah Sampah Dari Rumah”.

Teantunya dengan kegiatan ini dapat menjadi media edukasi yang sangat baik bagi masyarakat untuk dapat mulai membiasakan diri dalam melakukan pemilahan sampah dari rumah kita masing-masing.

 

Baca Juga: Greysia/Apriani Pecahkan Rekor Indonesia Juara Super 1000


Ditegaskan Chandra Asri juga mendukung program Pemerintah dalam mencapai target pengelolaan sampah sebanyak 70% dan pengurangan sampah sebanyak 30% pada tahun 2025.

Namun target tersebut perlu dicapai dengan kolaborasi bersama semua stakeholder dalam menciptakan pengelolaan sampah yang baik dan terpilah sehingga mudah untuk di daur ulang menjadi material bernilai kembali dan berkelanjutan atau sustainable, serta membentuk sirkularitas dalam pemanfaatan sampah plastik atau yang sering kita dengan dengan Sirkular Ekonomi.

Hal senada disampaikan oleh Ronald Atmadja, Sustainability Director PT Tirta Fresindo Jaya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Sumber: Siaran Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Jadi ke-495, Momentum Kebangkitan Indramayu

Jumat, 7 Oktober 2022 | 11:04 WIB

DKI Jakarta Beri Bantuan Hibah ke 11 Daerah

Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:49 WIB
X