Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Semen Indonesia Pamerkan Reklamasi Sistem Alur

- Selasa, 13 September 2022 | 21:08 WIB
Pengunjung mendapat penjelasan mengenai pengelolaan lingkungan yang dilakukan SIG di Pabrik Tuban
Pengunjung mendapat penjelasan mengenai pengelolaan lingkungan yang dilakukan SIG di Pabrik Tuban

SUARAKARYA.ID: Semen Indonesia (SIG) ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022 yang dilaksanakan pada Senin – Rabu (12-14/9/2022) di JX International Convention Exhibition, Surabaya.

Menurut Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, sebagai BUMN yang berkomitmen terhadap keberlanjutan lingkungan, Semen Indonesia mendukung penyelenggaraan Jatim Environment Exhibition & Forum 2022 yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim tersebut.

"Pada kegiatan ini, Semen Indonesia mengenalkan metode reklamasi Sistem Alur di pabrik Tuban, pemberdayaan petani green belt di Pabrik Tuban, serta pengelolaan limbah dan sampah yang dilakukan oleh Nathabumi sebagai salah satu unit bisnis SIG,' ujarnya, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga: Semen Indonesia (SMGR) Bukukan Laba Rp829 Miliar Pada Semester I Tahun 2022

Dia menjelaskan bahwa Sistem Alur adalah terobosan teknik reklamasi di lahan bekas tambang batu gamping di pabrik Tuban. Teknik yang diterapkan dalam sistem alur adalah dengan cara membuat cekungan, berbentuk alur memanjang pada lahan bekas tambang.

Struktur lahan bekas tambang kapur yang sangat keras, kata dia, membutuhkan proses menggunakan rock breaker untuk membuat cekungan. Keunggulan teknik ini yakni memiliki pertumbuhan tanaman yang lebih cepat dibanding dengan menggunakan sistem tebar.

SIG juga mengenalkan pengelolaan lingkungan di kawasan green belt Pabrik Tuban. SIG menyediakan lahan seluas 192 ha untuk dikelola oleh 527 petani binaan yang tergabung dalam 24 kelompok.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Lenggang Puspita 'Oh Dara' - Afgan

“Tidak hanya lahan, SIG juga memberikan sarana produksi, pelatihan, serta edukasi mengenai inovasi pertanian yang efektif," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X