• Sabtu, 1 Oktober 2022

Maksimal Kendalikan Inflasi Di Jateng, Ganjar Pranowo Luncurkan Sihati Generasi

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 21:14 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

SUARAKARYA.ID: Pengendalian inflasi di Jawa Tengah terus dimaksimalkan. Selain dengan upaya intervensi langsung, pengawasan secara komprehensif dan intens terhadap komoditas penyebab inflasi, juga dilakukan.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan, pengawasan yang dilakukan di provinsi ini menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (SiHaTi). Hingga kini, aplikasi yang bisa diakses melalui gawai tersebut telah mengalami empat kali perubahan.

“Aplikasi SiHaTi ini harapan kita kalau pertanian pangan yang itu komoditasnya bisa mempengaruhi inflasi, itu sudah tercatatkan di sini,” kata Ganjar, seusai memimpin Rakor TPID Jateng, dilanjutkan mengikuti Rakornas Pengendalian Inflasi yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo secara daring.

Baca Juga: Turut Meramaikan HUT RI ke-77, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week

Ganjar mendorong kepala daerah di kabupaten kota untuk turut serta mengawasi. Jajaran di daerah bisa mengecek perkembangan komoditas dari hulu ke hilir.

Menurut gubernur, hal itu guna memeriksa angka produksi komiditas tersebut. Sehingga, lanjut Ganjar, kondisi yang terjadi bisa langsung ditanggapi.

“Maka di hulunya kita bisa ngecek berapa produksi sebenarnya. Tinggal kemudian saya minta tolong kawan-kawan di kabupaten/ kota, tolong di-update. Teman-teman Bupati/ Wali Kota perintahkan tim kecil untuk memantau,” ujarnya.

Baca Juga: Susul Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Ditetapkan Sebagai Tersangka Pembunuhan Berencana Brigadir J

Kepala Perwakilan BI Jateng, Rahmat Dwisaputra menjelaskan, pada pembaruan SiHaTi yang kini tersedia dan bisa diakses dari smartphone, juga memiliki fitur early warning system.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UU PPRT, Landasan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 00:58 WIB

Ini Cara Mempersiapkan Rencana Keuangan Untuk Masa Senja

Jumat, 30 September 2022 | 18:17 WIB
X