• Minggu, 2 Oktober 2022

Hormati Veteran, Ganjar Pranowo Temui Pejuang Kemerdekaan Ahli Morse

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:09 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama dengan Walikota Solo, Gibran Rakabuming saat menyaksikan ASEAN Para Games.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama dengan Walikota Solo, Gibran Rakabuming saat menyaksikan ASEAN Para Games.

SUARAKARYA.ID: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambangi kediaman salah seorang veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Semarang. Ia adalah R Soemardi (96) yang kini tinggal di Jalan Tamtama Raya, Jangli, Tembalang.

Ganjar tiba di rumah Soemardi sekira pukul 14.30 WIB. Saat itu, Soemardi sedang duduk di ruang tamu rumahnya. Ternyata Soemardi sudah menantikan kedatangan orang nomor satu Jawa Tengah itu, sejak mendapatkan kabar dari orang dekat beberapa hari sebelumnya.

“Kemarin dikabari, mungkin Pak Gubernur (Ganjar) akan rawuh (datang) ke sini, tapi belum bisa dipastikan. Saya menanti-nanti kedatangan Bapak dari tadi,” ujar Soemardi kepada Ganjar.

Baca Juga: Kamarudin Berharap Setiap Penghalang Penyidikan Ditetapkan Saja Sebagai Tersangka

Perbincangan panjang pun terjalin antara Soemardi dan Ganjar Pranowo. Kurang lebih 45 menit keduanya berdialog. Meskipun sudah berusia 96 tahun, ingatan Soemardi masih kuat.

Pria kelahiran Kampung Jlagran Yogyakarta, 17 Mei 1926 (di data administrasi 1929) itu menceritakan bagaimana ia berjuang dan menjadi bagian dari tentara Indonesia.
“Awalnya saya ikut-ikutan saja.

Waktu itu diajak teman, pada masa revolusi fisik, sekitar tahun 1946-1947 di Blitar. Waktu itu saya jadi pengawal Pak Mustopo yang bertugas sebagai komando train,” tutur

Baca Juga: KAI Memeriahkan HUT ke-77 RI Gandeng Anne Avantie Gelar Peragaan Busana dan Bagikan Selendang di Stasiun

Soemardi tentang awal mula ikut berjuang.
Selama di Blitar, Soemardi bertugas dalam bagian perhubungan dan belum mendapatkan pangkat. Saat itu menjadi tentara juga tidak melalui pendaftaran tetapi secara sukarela.

Tugas utamanya kala itu, melayani perhubungan. Ketika meletus perang melawan penjajah di Jawa Timur, ia ikut menjadi salah satu pembaca, sekaligus penyampai sandi atau morse.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Cara Mempersiapkan Rencana Keuangan Untuk Masa Senja

Jumat, 30 September 2022 | 18:17 WIB

Bank bjb Tandatangani Pakta Integritas dengan BPDPKS

Kamis, 29 September 2022 | 12:29 WIB
X