• Rabu, 7 Desember 2022

Kamarudin Berharap Setiap Penghalang Penyidikan Ditetapkan Saja Sebagai Tersangka

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:58 WIB
penasihat hukum keluarga Brigadir Yoshua, Kamarudin Simanjuntak
penasihat hukum keluarga Brigadir Yoshua, Kamarudin Simanjuntak

 

 

SUARAKARYA.ID: Penasihat hukum keluarga Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, Kamarudin Simanjuntak meminta Polri untuk menetapkan oknum-oknum polisi yang menghalangi penyidikan kasus pembunuhan Brigadir J dijadikan sebagai tersangka, termasuk istri Ferdy Sambo.

Alasannya, Polri harus menindak tegas oknum polisi yang telah merusak, menyembunyikan barang bukti, dan perbuatan lainnya yang menghambat pengungkapan kasus terbunuh secara terencana Brigadir J.

"Ditetapkan saja sebagai tersangka, demikian juga yang lain-lainnya itu yang menghalangi penyidikan. Secepatnya, jangan hanya dikenakan kode etik," kata Kamaruddin, Rabu (17/8/2022).

Mengenai istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, kata Kamarudin, kendati selama ini dipahami orang baik tetapi rupanya pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. “Dia berada di lingkungan yang buruk, hati dan pikirannya dipengaruhi oleh yang buruk, sehingga dia terus berperan di dalam kepura-puraan, terguncang, depresi, dan lain sebagainya," ujar Kamaruddin.

Saat ini Inspektorat Khusus (Irsus) Polri melakukan pemeriksaan terhadap 63 oknum polisi yang diduga melanggar etik terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J. Dari total tersebut, 35 polisi dinilai telah melanggar kode etik lantaran dianggap tidak profesional sehingga menghambat pengungkapan perkara Brigadir J.

Baca Juga: Kasus Kematian Brigadir J, Sejumlah Perwira Menengah Polda Metro Jaya Kena Getah Ditahannya Irjen Ferdy Sambo

Komnas HAM sendiri mengklaim telah mendapatkan hasil yang menguatkan indikasi adanya pelanggaran HAM berupa penghalangan proses hukum atau obstruction of justice dalam kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jelang Natal Harga Bahan Pangan di Jakarta Terkendali

Selasa, 6 Desember 2022 | 20:59 WIB

Akhir Tahun, UNS Solo Tambah Empat Guru Besar Baru

Selasa, 6 Desember 2022 | 07:07 WIB
X