• Senin, 26 September 2022

Alasan Erick Thohir Pakai Baju NTT Saat HUT RI, Tunjukan Perbedaan Jadi Kekuatan

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:31 WIB
Erick Thohir Pakai Baju NTT Saat HUT RI.
Erick Thohir Pakai Baju NTT Saat HUT RI.

 

SUARAKARYA.ID: Menteri BUMN Erick Thohir menyebut dirinya memilih mengenakan baju adat dari daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) saat Upacara HUT Ke-77 Republik Indonesia untuk menunjukkan berbagai perbedaan di Indonesia dapat menjadi kekuatan bangsa.

"Kita Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, perbedaan adalah sebuah kekuatan walaupun saya setengah Lampung, setengah Jawa Barat. Saya mengapresiasi kebudayaan suku-suku lain, dan baju ini menggambarkan kewibawaan dan kepercayaan," kata Erick Thohir di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip dari Antara.

Erick Thohir mengenakan baju adat dari Rote dengan atasan dan bawahan hitam tapi menyampirkan kain tenun di pundak kanan dan mengenakan topi khas Rote, yaitu ti'i langga yang menyerupai topi Meksiko.

Baca Juga: Menteri Agama Mengajak Isi Kemerdekaan dengan Kerja, Bangun Negeri dengan Hati dan Cinta

Bahan pembuat ti'i langga adalah daun lontar yang sudah kering dan berwarna kuning kecokelatan. Topi khas masyarakat Rote ini menjadi simbol kepercayaan untuk setiap yang menggunakannya.

"Artinya apa? Kita kan tuan rumah G20, cocoklah Indonesia yang dipercaya dan berwibawa, itu yang coba kita simbolkan lewat G20," ungkap Erick.

Terkait dengan makna kemerdekaan 77 tahun, Erick menyebut Indonesia adalah bangsa yang tahan banting.

Baca Juga: Pertama Kali, Ponpes Ngruki dan Abu Bakar Ba'asyir Laksanakan Upacara Bendera HUT RI

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebulan Penuh Ada Pesta Diskon di Solo Great Sale Lho!

Minggu, 25 September 2022 | 19:05 WIB
X