• Sabtu, 1 Oktober 2022

Ganjar Pranowo: Jangan Sia-siakan Kemerdekaan

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:30 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.


SUARAKARYA.ID: Purnama menjadi saksi prosesi apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Giri Tunggal Semarang. Upacara penghormatan arwah pahlawan ini, dihelat untuk memeringati HUT ke-77 Republik Indonesia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir secara langsung pada kegiatan tersebut. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Khidmat terasa dalam prosesi tersebut. Inspektur upacara membacakan kata-kata penghormatan, kepada sekitar 2.071 pahlawan dan teladan negara yang bersemayam, di TMPN Giri Tunggal. Sementara, lampu dimatikan dan hanya mengandalkan cahaya obor serta diterangi purnama, pada pukul 00.00 WIB.

Baca Juga: Kado Spesial HUT RI ke-77, Mentan Terima Penghargaan Rekor Dunia MURI

“Menyatakan hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesetiaan, pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan, dalam pengabdian terhadap perjuangan, demi kebahagiaan negara dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami. Dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat sewajarnya,” ucap Mayjen TNI Widi.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan, apel kehormatan dan renungan suci memiliki makna yang mendalam. Tidak semata-mata penghormatan kepada arwah pahlawan, ada pesan yang patut ditiru generasi muda.

“Ini kita peringati setiap tahun, agar generasi berikutnya selalu mengingat bahwa bangsa ini lahir tidak dikasih begitu saja. Ada darah, ada air mata, ada nyawa yang dipertaruhkan,” ucap Ganjar, seusai menghadiri prosesi tersebut.

Baca Juga: Pertama Kali, Ponpes Ngruki dan Abu Bakar Ba'asyir Laksanakan Upacara Bendera HUT RI

Dengan pesan itu, gubernur berharap generasi muda tidak menyia-nyiakan kemerdekaan yang kini dinikmati. Ia mengajak generasi penerus untuk mengisi zaman kebebasan ini dengan kegiatan berarti.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UU PPRT, Landasan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 00:58 WIB

Ini Cara Mempersiapkan Rencana Keuangan Untuk Masa Senja

Jumat, 30 September 2022 | 18:17 WIB

Kekejaman OPM Luar Biasa Tangkap dan Adili

Jumat, 30 September 2022 | 10:06 WIB
X