• Senin, 26 September 2022

KLHK Dorong Produsen Produksi Kemasan Plastik yang Lebih Besar (Size Up), Simak Alasannya

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:31 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SUARAKARYA.ID: Target Muryansyah melakukan solo Triathlon, dengan bersepeda, berenang dan berlari marathon sepanjang1.293 kilometer dari Bali ke Jakarta selama 30 hari, akhirnya berhasil dituntaskan. 

Ditemani tim pendamping kesehatan dan pengamanan, ia tiba di Jakarta sesuai jadwal. Muryansyah langsung bergabung dalam event  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  bertema “The Rising Tide - A Grassroot Movement for Sustainability”, Selasa (16/8/2022).

The Rising Tide  mengampanyekan kesadaran lingkungan, dengan menciptakan ekosistem pengelolaan sampah rumah tangga berkelanjutan. Misinya  adalah menggugah kesadaran masyarakat dan para pihak, betapa masalah lingkungan —terutama sampah plastik perlu mendapatkan perhatian serius.

Baca Juga: Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian Berkonsep Green dan Smart Building

“Lebih dari 14.500 masyarakat teredukasi mengenai pentingnya memilah sampah sebagai bagian dari usaha daur ulang, dalam rangka mengurangi timbulan sampah nasional,” kata Muryansyah. Ia bersama organisasi yang dipimpinnya, Mulung Parahita, menjadi inisiator sekaligus pelaku dari gerakan The Rising Tide.

Saat mendapat kesempatan tatap muka dengan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, Muryansyah menyampaikan temuannya bersama tim Mulung Parahita.

”Selama perjalanan, kami mengumpulkan 77,9 ton sisa konsumsi rumah tangga, 78% adalah plastik, dan 40% di antaranya memiliki nilai daur ulang  tinggi. Sedangkan di luar sisa konsumsi rumah tangga yang dikumpulkan, sepanjang jalan saya melihat banyak kemasan kecil mengotori jalan. Inilah masalah sampah yang sesungguhnya,” kata Muryansyah. 

Baca Juga: Lirik Lagu Karna Su Sayang - Near dan Dian Sorowea ... Cukup jaga hati biar tambah cinta

Siti Nurbaya menyambut gembira kampanye hasil kerja sama KLHK dengan banyak pihak.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebulan Penuh Ada Pesta Diskon di Solo Great Sale Lho!

Minggu, 25 September 2022 | 19:05 WIB
X