• Senin, 26 September 2022

Bendera Merah Putih Ukuran Raksasa Buatan Depohar 70 Koharmatau, Akan Berkibar Lagi di Langit Istana Negara

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 05:15 WIB
Foto: Dispenau
Foto: Dispenau

SUARAKARYA.ID: Tidak banyak yang mengetahui bagaimana proses pembuatan bendera Merah-Putih ukuran raksasa ( Giant Flag )  yang diterbangkan helikopter TNI AU di langit Istana Negara pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

Bendera Merah-Putih berukuran 20x30 Meter tersebut, dibuat oleh satuan jajaran Komando Pemeliharaan Materiil TNI Angkatan Udara (Koharmatau), tepatnya oleh personel Depohar 70 yang bermarkas di Lanud Sulaiman, Margahayu Bandung.

Pembuatan bendera dikerjakan oleh Satuan Pemeliharaan (Sathar) 72,  sedangkan sling (kawat baja) oleh Sathar 71.

Baca Juga: Lirik Lagu Tanah Airku - Ibu Soed ...Tidak Akan Hilang dari Kalbu

Kadis Rendalhar Depohar 70 Letkol Lek I Wayan Joni Nugraha mengatakan, Depohar 70 merupakan satuan di bawah Koharmatau yang salah satu tugasnya melaksanakan pemeliharaan tingkat berat parasut, yang biasa digunakan oleh peterjun Pasukan Gerak Cepat (Pasgat) TNI AU. Pembuatan bendera,  merupakan kehormatan dan tugas yang istimewa bagi satuan Depo 70.

"Tugas ini merupakan kehormatan dan luar biasa bagi Depohar 70, yang biasanya menjahit parasut dengan ukuran yang tidak terlalu besar, kami tertantang membuat  bendera dengan ukuran sangat besar," ungkap Kadisrendalhar.

Baca Juga: Lirik Lagu Karna Su Sayang - Near dan Dian Sorowea ... Cukup jaga hati biar tambah cinta

Dijelaskannya, proses  diawali dengan pembuatan drawing/gambar teknik, pemesanan bahan (sejenis kain parasut impor dari luar negeri), pengukuran dan pemotongan bahan, proses penjahitan, dan pemeriksaan akhir.

Diperlukan waktu tiga bulan sejak datangnya bahan bendera sampai selesai proses penjahitan.  Selanjutnya uji dinamis menggunakan helikopter yang dilaksanakan di Lanud Atang Sendjaja Bogor.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebulan Penuh Ada Pesta Diskon di Solo Great Sale Lho!

Minggu, 25 September 2022 | 19:05 WIB
X