• Rabu, 28 September 2022

Keberhasilan Erick Thohir Buat BUMN Jadi Sehat

- Senin, 15 Agustus 2022 | 21:02 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir.
Menteri BUMN, Erick Thohir.

SUARAKARYA.ID: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan perusahaan-perusahaan pelat merah Indonesia saat ini dalam kondisi keuangan yang sehat.

"Jadi kalau kita lihat posisi BUMN seperti apa? Kemarin Fortune 100 mengeluarkan 100 perusahaan besar kurang lebih ada 30 BUMN . Lalu kalau dilihat dari laba BUMN, artinya BUMN sehat," ujar Erick dalam acara Economic Update CNBC Indonesia.

Erick menuturkan peringkat itu tak lepas dari Kementerian BUMN yang telah melakukan inovasi, transformasi, dan efisiensi terhadap seluruh perusahaan pelat merah yang dilakukan sebelum terjadi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Hadiah HUT ke-77, Indonesia Swasembada Pangan Tiga Tahun Berturut-Turut

Lebih lanjut, Erick berkata strategi ini membuat perusahaan BUMN tahan dari gempuran dan hantaman pandemi yang hampir melumpuhkan berbagai sektor usaha.

Menurutnya, melalui program bersih-bersih BUMN, perusahaan negara yang kinerja keuangannya mengalami kerugian akibat adanya kasus korupsi di tubuh manajemen, dapat teratasi sehingga dapat kembali sehat dan mencatat pertumbuhan.

"Seperti awalnya contoh kita ingin melihat dana pensiun kita harus diperbaiki kenapa justru di kuartal IV 2019, saya baru menjabat kita bersih-bersih BUMN yang namanya Jiwasraya lalu Asabri itu kan penting," ucapnya.

Baca Juga: bank bjb Kolaborasi dengan Kemenkop UKM Kembangkan SKOPI

"Kita lihat hasil restrukturisasi misanya di perkebunan yang hutangnya Rp 41 triliun kita restrukturisasi. Kalau ada tindak pidana korupsi seperti Krakatau Steel dan Garuda harus kita proses. Tapi proses itu berjalan dan akhirnya terjadi konsolidasi yang baik yng tadinya labanya minus 1,4 (triliun) bukunya untung Rp Rp 4,6 triliun. Dan kita tentu saat," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menaker Tinjau Penerima BSU di Sejumlah Tempat 

Rabu, 28 September 2022 | 06:33 WIB

Suharso Monoarfa Mendapat Tugas Baru dari Presiden

Selasa, 27 September 2022 | 11:25 WIB
X