• Senin, 3 Oktober 2022

Organisasi Kepariwisataan Diminta Tingkatkan Kolaborasi Wujudkan Jakarta Sebagai Wisata Global

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 23:09 WIB
Musda Putri DKI Jakarta dibukan Wagub DKI Ariza
Musda Putri DKI Jakarta dibukan Wagub DKI Ariza



SUARAKARYA.IDGuna mewujudkan Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya, kolaborasi sangat penting dilakukan dalam setiap pelaksanaan pembangunan Kota Jakarta.

 Salah satunya dalam sektor pariwisata yang merupakan salah satu tulang punggung ekonomi di Kota Jakarta.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) saat menghadiri acara  pembukaan Musyawarah Daerah Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Musda DPD Putri) DKI Jakarta Tahun 2022.

 

Baca Juga: Bangkitkan Pariwisata Jakarta, Lomba Video Kreatif Dan Anugerah Jurnalistik 2022 Diapresiasi



Wagub  berharap Putri sebagai organisasi kepariwisataan dapat meningkatkan kolaborasi dalam mewujudkan Kota Jakarta sebagai 'Destinasi Pariwisata Global'.

Pembangunan dunia pariwisata juga memerlukan kolaborasi antar pelaku usaha sektor pariwisata.

 Tantangan pengelolaan wisata bukan pada persaingan antar Taman Rekreasi Domestik, tetapi bagaimana secara bersama-sama dapat berperan dalam menarik para wisatawan baik lokal maupun global.

 

Baca Juga: Lima DPC di DKI Jakarta Tolak Musda GM FKPPI, Penunjukkan Caretaker Langgar AD/ART


"Saya mewakili Gubernur mengapresiasi terlaksananya Musda DPD Putri DKI. Jakarta primadona pariwisata yang unggul di Asia. Saya memahami dan mengerti betapa beratnya peran Bapak/Ibu semua memimpin kepariwisataan. Sektor pariwisata paling terdampak pandemi. Ini tantangan besar di bidang ekonomi. Kita memahami dan mengerti betapa sektor pariwisata sangat penting," kata Ariza di Multi Purpose Hall (MPH) Putri Duyung, Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara,  Rabu (10/8/2022).

Maka diperlukan organisasi kepariwisataan seperti Putri untuk menyusun strategi dan sinergi antar destinasi wisata melalui konsep paket wisata 'long stay'. "Dengan berhimpun di Putri, para pelaku pengelola Taman Rekreasi dapat menghindari kondisi saling rebutan dan melemahkan. Saya meyakini bahwa wisata bukan zero sum game, semua pihak harus menang dan bersinergi," tuturnya.

Baca Juga: Menteri Pariwisata Utamakan Kesehatan Jika Pariwisata Bali Dibuka Kembali



Di samping itu, Ia juga menekankan pentingnya penguatan terhadap potensi pengembangan destinasi pariwisata, potensi pembangunan pemasaran pariwisata, industri pariwisata, dan kelembagaan kepariwisataan.

Selain itu, pembangunan pariwisata haruslah berbasis pemberdayaan masyarakat yang mengadopsi sistem yang utuh dan berkelanjutan.

Sehingga berbagai strategi dibutuhkan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata. Di antaranya strategi dalam menciptakan Taman Rekreasi di Indonesia, khusunya di Kota Jakarta yang membuat pengunjung senang, tertarik dan terkesan.

Baca Juga: Menparekraf Akan Merealisasikan Berdirinya Sekolah Pendidikan Pariwisata di Labuan Bajo

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Sumber: Siaran Pers

Tags

Terkini

X