• Rabu, 28 September 2022

Kunker ke Kalbar, Presiden Resmikan Pelabuhan Peti Kemas Terbesar di Pulau Kalimantan

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:37 WIB
Presiden Jokowi menandatangani prasasti peresmian Pelabuhan Pontianak, Kalbar  (Tangkapan layar YouTube.)
Presiden Jokowi menandatangani prasasti peresmian Pelabuhan Pontianak, Kalbar (Tangkapan layar YouTube.)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo dan jajaran terkait meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (9/8/2022).

Alhamdulillah hirobbil alamin, puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang sudah dimulai pembangunannya tahun 2016 hari ini telah selesai," kata Presiden mengawali sambutannya.

Menurut Presiden, pelabuhan ini akan memperkuat competitiveness, daya saing dari produk produk unggulan yang dihasilkan oleh Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga: Dr Anwar Husin SH MM Optimis Terbongkar Tuntas Kasus Tewasnya Brigadir J Di Tangan Timsus Polri

"Karena, di sini memiliki kekuatan besar, crude palm oil (CPO), alumina, boxit dan produk-produk lainnya," ungkap Presiden dalam siaran live di YouTube Sekretariat Presiden.

Pelabuhan Pontianak memiliki kapasitas sangat besar, 500.000 kontainer dan juga 8 juta yang non peti kemas. Ini adalah pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan dengan nilai investasi sebesar Rp2,9 triliun.

"Jangan sampai investasi yang besar itu tidak bisa memperkuat daya saing dan tidak bisa memperbaiki konektivitas antarpelabuhan antarpulau dan antarnegara," ujar Kepala Negara.

Baca Juga: Jenderal Dudung Terima Kunjungan Kehormatan Kepala Staf AD Jepang

Dalam kesempatan itu, Presiden sempat berpesan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono agar jalan dari Pelabuhan Pontianak diperlebar.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menaker Tinjau Penerima BSU di Sejumlah Tempat 

Rabu, 28 September 2022 | 06:33 WIB

Suharso Monoarfa Mendapat Tugas Baru dari Presiden

Selasa, 27 September 2022 | 11:25 WIB
X