• Senin, 3 Oktober 2022

Dr Anwar Husin SH MM Optimis Terbongkar Tuntas Kasus Tewasnya Brigadir J Di Tangan Timsus Polri

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:28 WIB
ahli hukum pidana Dr Anwar Husin SH MM
ahli hukum pidana Dr Anwar Husin SH MM

 

SUARAKARYA.ID: Kematian Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo semakin menyedot perhatian publik. Selain sangat menghebohkan masyarakat Indonesia, karena cerita pembunuhan yang terus bergeser dari satu cerita ke cerita berikut sampai akhirnya menguat dugaan permufakatan dan persekongkolan jahat dalam kasus pembunuhan di rumah dinas petinggi Polri itu.

Sejak awal kasus tembak menembak sesame polisi itu dinilai publik sarat kejanggalan berbungkus misteri tebal sampai akhirnya  satu persatu tabir misterinya  terbuka berkat Timsus Polri yang diterjunkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. 

Hingga kini, Timsus itu masih terus bekerja dalam menuntaskan kasus kematian Brigadir Yosua. Keluarga pun, berharap kasus kematian Brigadir Yosua bisa diungkap secara terang menderang. Dari satu tersangka, dua tersangka, tiga tersangka  dan terus bertambah lagi. Menyertai pertambahan tersangka itu akhirnya motifnya pun yang sempat berbelok-belok dan ditutup-tutupi diharapkan pada akhirnya jelas sejelas-jelasnya.

Di tangan Timsus Polri penanganan kasusnya dinilai berjalan baik dan berhasil. Keberhasilan dinilai itu tak lepas dari keseriusan dan kerja keras Timsus Polri dipimpin Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andianto.

Baca Juga: Kasus Baku Tembak Polisi, Presiden Jokowi: Usut Tuntas sampai Tak Ada Keraguan Masyarakat

Satu persatu misteri kematian Brigadir Yosua mulai terungkap.  Meski demikian motifnya sampai saat ini masih menjadi tanda tanya dan penuh drama. Hal ini menyebabkan penilaian masyarakat awam  terhadap kasus ini juga macam-macam, mulai kurang transparannya penyelidikkan polisi  dan  dugaan   terjadi gap antara korp Bhayangkara,  baik dialami oleh pimpinan maupun orang-orang yang dipimpin. Terakhir membuat  masyarakat bertanya-tanya  atas  kedatangan pasukan Brimob di Kantor Bareskrim. Kedatangan pasukan Brimob berpakaian loreng itu kembali  menimbulkan kehebohan.

Menggapi kedatang pasukan Brimob tersebut,  pakar hukum pidana  Dr Anwar Husin SH MM mengatakan hal biasa. Loyalis Presiden Joko Widodo itu menilai kedatangan pasukan Brimob sebenarnya adalah kode dari Kabareskrim Polri,  Komjen Agus Andianto, bahwa korp Bhayangkara solid dan Polri tidak main-main dalam penangan kasus Brigadir Yosua.

Kode itu, kata Anwar, yang sering mencermati kinerja polisi itu bisa juga diartikan peringatan jangan coba-coba menghalang-halangi pengungkapan kasus Brigadir Yosua. Karena akan berhadapan dengan Korp Bhayangkara termasuk pasukan Brimob dibawah kepemimpinan  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo . “Jadi kedatangan Brimob itu bahasa symbol atau isyarat yang ditunjukkan Komjen Agus Andianto kepada para oknum,”ujar Anwar Husin di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RBPI, Wadah Sejahterakan Pengemudi Indonesia

Senin, 3 Oktober 2022 | 03:50 WIB

Ridwan Kamil Jalan Kaki Bersama Warga Bogor

Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:30 WIB
X