• Rabu, 5 Oktober 2022

6 Hal Pengetahuan ini Wajib Dimiliki untuk Menjadi Konten Kreator dengan Prospek Positif

- Senin, 8 Agustus 2022 | 13:08 WIB
Webinar literasi digital 2022 Jawa Timur membahas skill yang wajib dimiliki bila mau jadi konten kreator (Ist)
Webinar literasi digital 2022 Jawa Timur membahas skill yang wajib dimiliki bila mau jadi konten kreator (Ist)

SUARAKARYA.ID: Pengguna internet di Indonesia sangat pesat. Tercatat 204,7 juta atau setara dengan 73,7 persen dari populasi penduduk Indonesia.

Angka tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya (2,1 juta atau naik 1 persen). Itu yang tercatat di We are Social Hootsuite (2022) per Februari.

"Individu yang cakap bermedia digital dinilai mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital, mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, lokapasar, dan transaksi digital,”ujar Rizky Wulandari, SSos, MIKom, narasumber webinar literasi digital 2022 Jawa Timur, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: Kominfo Beri Pemahaman Penerapkan Etika, Literasi Digital Penting Bagi Masyarakat

Kiki sapaan akrab E Rizky Wulandari mengatakan perlunya pengetahuan dasar untuk mengetahui dan memahami fungsi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam mengakses dunia digital.

Ia menambahkan untuk menjadi konten kreator harus paham hal-hal yang sangat mendasar tersebut. Kiki memaparkan ada enam hal pengetahuan dasar untuk mengakses dunia digital dan menjadi seorang konten kreator, yaitu berusaha dan belajar membuat konten yang berkualitas dan menarik, audiens dari industri yang digeluti, membiasakan kegiatan menulis, berkolaborasi dengan konten kreator lainnya, menggunakan Search Engine Optimization (SEO), dan konsistensi lalu sabar.

"Tidak ada yang instan untuk menjadi seorang kontent kreator. Teruslah belajar dan selalu berusaha mengembangkan skill," pungkasnya.

Baca Juga: Berkomunikasi dengan Berbagai Perbedaan Kultural, Cara Berinteraksi di Ruang Digital Sesuai Etika

Dengan pesatnya perkembangan internet di Indonesia seiring dengan penambahan infrastruktur dalam teknologi membuat para pelaku bisnis memiliki keleluasaan dalam memilih suatu media dan format yang akan digunakan dalam penyampaian pesan terbaik kepada para konsumennya. Karena itulah kontent kreator memiliki prospek positif di tahun 2022.***

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan, Kapolda Jawa Timur Minta Maaf

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:31 WIB

RBPI, Wadah Sejahterakan Pengemudi Indonesia

Senin, 3 Oktober 2022 | 03:50 WIB

UU PPRT, Landasan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 00:58 WIB
X