• Senin, 3 Oktober 2022

Touring Joglosemar Akpol 85, dari Napak Tilas, Bakti Sosial, Hingga Safari Tour ke Borobudur

- Senin, 8 Agustus 2022 | 07:09 WIB
Rombongan JNCC 85 saat peresmian masjid Al Raudhoh Swargaloka di kompleks Kampung Tepi Sawah (KTS) Boja Kendal. (Sadono )
Rombongan JNCC 85 saat peresmian masjid Al Raudhoh Swargaloka di kompleks Kampung Tepi Sawah (KTS) Boja Kendal. (Sadono )

SUARAKARYA.ID: Sedikitnya 20 Jenderal Polisi purnawirawan melakukan touring Joglosemar (Jogja Solo Semarang) pada 5-7 Agustus 2022. Para pensiunan perwira tinggi ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1985 atau sering mendapat sebutan JNCC 85.

Rombongan JNCC 85 berangkat dari Jakarta dibawah koordinasi Komjen Pol Purnawirawan Aridono mengawali tour di Kodiklat Bantir di kaki Gunung Ungaran tempat para Taruna Akabri Kepolisian (sebelum menjadi Akademi Kepolisian) digembleng survival menyusuri hutan.

Panitia tour Irjen Pol Sigit Sudarmanto  menjelaskan, saat itu para Taruna menjalani latihan militer dilepas 3 hari hidup di belantara hutan tanpa bekal makanan.

“Pengalaman pertama di Bantir tidak akan terlupakan sebagai Taruna digembleng fisik dan mental untuk menjadi perwira yang tangguh ” kenang Sigit Sudarmanto yang merupakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) Akpol 1985.

Baca Juga: Upacara Hari Bhayangkara Ke 76 Di Mapolda Jatim, Terpusat Secara Virtual Dari Akpol Dengan Irup Presiden

Di Kodiklat Bantir itu dipandu Irjen Pol Purnawirawan Eko Hadi Sutedjo (mantan Gubernur Akpol). Peserta tour menyanyikan lagu kebanggaan mereka “Bantir – Magelang” dengan penuh semangat para pensiunan Jenderal polisi itu menyayikan lagu Bantir – Magelang.
Hari pertama temu kangen juga ditandai dengan Malam kekraban di Boja Kendal.

Esok harinya gowes bersama mengelilingi kota Boja, finish di obyek wisata Kampung Tepi Sawah KTS , sekaligus peresmian masjid Al Raudhoh di kompleks KTS.

Baca Juga: Touring Baksos KAK, 100 Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Pandemi Di Desa Wisata Dieng

Dalam sambutannya Komjen purnawirawan Aridono memberikan apresiasi kepada koleganya Irjen  purnawirawan Eko Hadi Sutedjo yang membangun masjid untuk para pegawai dan warga sekitar.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RBPI, Wadah Sejahterakan Pengemudi Indonesia

Senin, 3 Oktober 2022 | 03:50 WIB

UU PPRT, Landasan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 00:58 WIB
X