• Sabtu, 1 Oktober 2022

Kerja Sama Ditjen Bea dan Cukai dengan TNI AD Bantu Program Pemerintah dalam Meningkatkan Devisa Negara

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:10 WIB
Foto: Dispenad
Foto: Dispenad

SUARAKARYA.ID: Asisten Teritorial (Aster) Kasad, Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A mengatakan bahwa kerja sama antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Republik Indonesia dengan TNI AD merupakan langkah strategis.

Langkah strategis itu adalah untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan devisa negara sekaligus menyelamatkan perekonomian nasional dihadapkan dengan tantangan global, regional dan nasional yang semakin dinamis.

Hal tersebut disampaikan Aster Kasad pada acara Launching dan Pembekalan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Ditjen Bea dan Cukai RI dengan TNI AD, di Hotel Adimulia, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: Kasad Jenderal Dudung Pastikan Kesiapan Sarprasdik Akmil Untuk Pendidikan Taruna

Dikatakan Aster Kasad, tidak ada satu institusi pun yang dapat bekerja sendiri, semua harus berkolaborasi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, terlebih dalam menyikapi kondisi perekonomian yang saat ini baik secara global, regional dan nasional dalam kondisi yang tidak baik.

“Kalau selama ini Bea Cukai mampu mereduksi penyelundupan sendiri akan lebih baik lagi apabila dipadukan dengan stake holder yang lain, kami TNI AD bekerja sesuai dengan aturan hukum yang berlaku mulai dari MoU, PKS sampai petunjuk teknis yang dapat mengatur sinergi serta kolaborasi di lapangan,” ujarnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Gugur Bunga karya Ismail Marzuki ...Gugur Satu Tumbuh Seribu, Tanah Air Jaya Sakti

Ditekankan Aster Kasad, setelah dilakukannya launching perjanjian kerja sama tersebut, agar melakukan evaluasi dalam kurun waktu tiga bulan untuk mengetahui sejauh mana kolaborasi ini berjalan, apakah sudah sesuai output maupun outcomenya.

Menurutnya, langkah ini merupakan langkah awal untuk melanjutkan langkah berikutnya, karena di level strategis sudah melaksanakan MoU, sehinga di level taktis dan operasional harus bersinergi bersama-sama melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangan masing-masing dalam rangka mengamankan devisa negara.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UU PPRT, Landasan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 00:58 WIB

Ini Cara Mempersiapkan Rencana Keuangan Untuk Masa Senja

Jumat, 30 September 2022 | 18:17 WIB
X