• Selasa, 9 Agustus 2022

Beredar Video Abu Bakar Ba'asyir Mengakui Pancasila Sebagai Dasar Negara

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 17:44 WIB
Spanduk bertuliskan pemberitahuan tidak ada acara seremonial penyambutan kepulangan Abu Bakar Ba'asyir terpasang di gerbang Ponpes Al Mukmin Ngruki
Spanduk bertuliskan pemberitahuan tidak ada acara seremonial penyambutan kepulangan Abu Bakar Ba'asyir terpasang di gerbang Ponpes Al Mukmin Ngruki

 


SUARAKARYA.ID: Pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Abu Bakar Ba'asyir (ABB) mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Hal itu terekam dalam video yang beredar di media sosial (medsos) Facebook sejak beberapa hari lalu.

Putra ABB, Abdul Rohim membenarkan jika yang ada di video tersebut adalah ayahnya. Tetapi dirinya tidak mengetahui secara pasti kapan video tersebut dibuat.

Video ABB yang mengakui Pancasila sebagai dasar negara berdurasi 40 detik tersebut diunggah oleh pemilik akun Facebook @KataKita. Dalam video tersebut, ABB mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara karena berdasarkan Tauhid.

Baca Juga: Lirik Lagu Bagimu Negeri Ciptaan Kusbini

"Indonesia berdasarkan Pancasila itu mengapa disetujui ulama. Karena dasarnya tauhid Ketuhanan Yang Maha Esa. Itu pun pengertian saya terakhir," kata ABB dalam video tersebut.

Selain itu, ABB juga mengatakan dulu dirinya sempat menganggap Pancasila itu syirik. Tetapi setelah mempelajarinya, ia mengakui Pancasila sebagai dasar negara.

"Tapi setelah saya pelajari selanjutnya, ndak mungkin ulama menyetujui dasar negara syirik. Itu ndak mungkin. Karena ulama itu mesti niatnya ikhlas," ujarnya.

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Minta Maaf pada Institusi Polri

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yudi Cahyadi Ajak Warga Jaga Fasilitas Publik

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:24 WIB

Pesan Ganjar Pranowo Untuk Mahasiswa Baru UGM

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:06 WIB

Resep Kasuami Makanan  Orang Sulawesi Tenggara

Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:57 WIB

Pemkot Bandung Kembali Tertibkan Kabel Udara

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:33 WIB

Cegah 8 Penyakit Pada Anak, Ayo Imunisasi Sekarang

Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:02 WIB
X