• Selasa, 9 Agustus 2022

Ini Langkah Serius Ganjar Pranowo Tekan Angka Kemiskinan di Brebes

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:29 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat bertemu dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming membahas Revitalisasi Lokananta.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat bertemu dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming membahas Revitalisasi Lokananta.

SUARAKARYA.ID: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan tetap akan membangun kawasan industri manufaktur di Kabupaten Brebes sebagai salah satu upaya mengurangi angka kemiskinan.

"Sekarang masih berjalan cuma sekarang tidak masuk dalam program atau proyek strategis nasional. Kami mau teruskan itu, tapi itu menjadi proyek swasta saja karena waktu itu tidak terlalu kompetitif dibandingkan yang di Batang," katanya di Semarang, dikutip dari Antara.

Orang nomor satu di Jateng itu mengungkapkan rencana pembangunan kawasan industri di Kabupaten Brebes tidak lagi menjadi proyek strategis nasional karena kalah kompetitif dengan Kabupaten Batang.

Baca Juga: Pedagang Kecil Harapkan Megawati Restui Capres Pengayom PKL

Menurut dia salah satu faktornya adalah banyak makelar tanah yang bermain sehingga harga tanah atau lahan di Kabupaten Brebes melonjak, padahal kebutuhan kawasan industri di wilayah itu sangat diperlukan untuk menyerap tenaga kerja dan menurunkan kemiskinan.

"Sekarang masih bicara lahan dulu, maka saya minta dorongan kepada pemerintah daerah, khususnya di Brebes. Bisa tidak mencari lokasi tanah yang harganya tidak terlalu tinggi sehingga menarik untuk investor dan akan menyerap banyak tenaga kerja," katanya.

Gubernur menjelaskan bahwa berdasarkan analisis spasial yang dilakukan ditemukan adanya ketimpangan mengenai variabel kemiskinan dan pengangguran.

Baca Juga: Antusiasme Fans Tinggi, Dampak Ekonomi BRI Liga 1 2022-2023 Diprediksi Lebih Besar Dibanding Sebelum Pandemi

Wilayah yang menjadi titik pembangunan manufaktur menjadi wilayah dengan kemiskinan rendah, sedangkan di wilayah titik kemiskinan tinggi tidak ada atau minim pembangunan manufaktur misalnya di wilayah Jawa Tengah bagian barat.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yudi Cahyadi Ajak Warga Jaga Fasilitas Publik

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:24 WIB

Pesan Ganjar Pranowo Untuk Mahasiswa Baru UGM

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:06 WIB

Resep Kasuami Makanan  Orang Sulawesi Tenggara

Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:57 WIB

Pemkot Bandung Kembali Tertibkan Kabel Udara

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:33 WIB

Cegah 8 Penyakit Pada Anak, Ayo Imunisasi Sekarang

Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:02 WIB
X