• Sabtu, 20 Agustus 2022

Kurangi Pengangguran, Kemnaker Gelar Rakor Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan 2022 

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:36 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan
Kementerian Ketenagakerjaan
 
 
SUARAKARYA.ID: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam upaya Kurangi Penganggursn menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan Tahun 2022.
 
Rakor untuk Kurangi Pengangguran diselenggarakan melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta & PKK), di Tangerang, Banten, Selasa (2/8/2022).
 
Direktur Jenderal Binapenta & PKK Kemnaker Suhartono mengatakan, dalam rangka Kurangi Pengangguran, maka kegiatan perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan tahun 2022 dilakukan. 
 
 
Upaya ini untuk Kurangi  Pengangguran dan menciptakan alternatif peluang, bagi masyarakat ekonomi kecil dan menengah. Yang menjadi bagian paling besar dalam struktur ekonomi bangsa ini.
 
"Kementerian Ketenagakerjaan terus berupaya mengurangi pengangguran dan menciptakan peluang ekonomi untuk masyarakat," ukar Dirjen
 
Salah satu upayanya dengan mengimplementasikan Lompatan Ke-3 dari 9 Lompatan Ketenagakerjaan yaitu Transformasi Perluasan Kesempatan Kerja melalui kegiatan perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan. 
 
 
Kegiatan perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan yang telah dimulai pada tahun 2021 ini, jelas Dirjen, sudah dilakukan penyusunan grand design dan pilot project-nya di 5 lokasi. 
 
Dalam hal pelaksanaan kegiatan tersebut, Kemnaker berkolaborasi dengan IPB University. Pada tahun 2021 pilot project telah diujicobakan di 5 kawasan.
 
Yaitu Kawasan Perhutanan Sosial Teluk Jambe di Kabupaten Karawang, Kawasan Agrowisata Lido di Kabupaten Sukabumi, Kawasan Agroforestry Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Batang dan Banjarnegara, Kawasan Agromaritim Teluk Weda diKabupaten Halmahera Tengah, serta Kawasan Agroeduwisata Lembah Mbencirang di Kabupaten Mojokerto.
 
 
"Kelima kawasan itu memiliki karakteristik dan kekhasan masing-masing dari pentagonal asetnya, dan juga memiliki kemampuan berintegrasi dengan potensi dan rencana pengembangan masing-masing kawasan," kata Firjen Suhartono. 
 
Ini, imbuhnya, diharapkan menjadi tolak ukur dan model pengembangan perluasan kesempatan kerja. Pada rentang tiga tahun mendatang hingga tahun 2024.***
 
 

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X