• Sabtu, 1 Oktober 2022

Sambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Diaspora dan Warga Asing Ikuti Gowes Merdeka di San Francisco

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 00:20 WIB
Foto: KJRI San Francisco
Foto: KJRI San Francisco

SUARAKARYA.ID: Berbagai perhelatan kegiatan untuk menyambut dan merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 sudah mulai semarak di berbagai negara tahun ini, tak terkecuali di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS)

Melalui kegiatan kick-off yang bertajuk “Gowes Merdeka: Go Green Bike", masyarakat dan diaspora Indonesia memadati lapangan Crissy Field – Golden Gate sebagai tempat start dan finish acara bersepeda bersama yang mengelilingi kota San Francisco.

Acara diselenggarakan oleh KJRI San Francisco dan Gowes-Indo-SF di San Francisco pada hari Sabtu, (30/7/2022) waktu setempat.

Baca Juga: BRI Kembali Buka Beasiswa BRILiaN Scholarship untuk Dukung Kemajuan Mahasiswa Berprestasi

“Setelah jarang bertemu beberapa tahun akibat pandemi, maka dengan momentum menyambut HUT kemerdekaan Indonesia, kita ingin agar masyarakat dan diaspora Indonesia, khususnya pecinta olah raga sepeda di AS bisa bertemu kembali, bersilaturahmi, memperkokoh kerja sama, sekaligus menunjukkan semangat budaya hidup sehat. Semoga Gowes Merdeka menjadi sarana bagi warga untuk semakin memperkuat persatuan dan kerukunan", pesan Konjen Prasetyo Hadi kepada masyarakat.

Tidak kurang dari 200 orang masyarakat dan diaspora Indonesia serta warga asing dari berbagai negara termasuk warga lokal AS turut gowes bersama. Jarak tempuh mereka sepanjang 25 mile atau sekitar 40 km. Mereka datang dari komunitas sepeda dari berbagai wilayah di antaranya Los Angeles, Houston, Sacramento dan San Francisco selaku tuan rumah, serta kalangan asing, termasuk warga lokal, wakil dari pemerintah Federal AS, dan perwakilan diplomatik pemerintah negara asing di San Francisco.

Kegiatan olah raga ini merupakan momentum untuk membangkitkan semangat aktivitas masyarakat dan diaspora Indonesia pasca pandemi.

Baca Juga: Buntut Kasus Pengoplosan Galon Air Isi Ulang, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN): Tetapkan Agen Resmi

Ketua Gowes Indo-SF, Surjanto Suradi, juga mengungkapkan hal serupa. “Kegiatan sepeda bersama ini adalah untuk menjaga agar tubuh kita tetap prima sekaligus sebagai sarana untuk memeriahkan perayaan HUT kemerdekaan Indonesia di San Francisco." kata Surjanto yang juga seorang arsitek tinggal di San Francisco.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UU PPRT, Landasan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 00:58 WIB

Ini Cara Mempersiapkan Rencana Keuangan Untuk Masa Senja

Jumat, 30 September 2022 | 18:17 WIB
X