ProDEM Minta Dituntaskan Kasus Brigadir J Agar Tak Semakin Buruk Image Terhadap Polri

- Minggu, 24 Juli 2022 | 05:21 WIB

advokat Kamarudin Simanjuntak

SUARAKARYA.ID: Ketua Majelis Aktivis ProDEM, Iwan Sumule, meminta pengungkapan kasus polisi tembak polisi yang menewaskan Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, yang menyedot begitu banyak perhatian masyarakat agar diungkap secara transparan, jelas, terbuka dan tanpa pandang bulu.

Harapan dan permintaan itu muncul, kata Iwan, Sabtu (23/7/2022), menyusul temuan temuan rekaman CCTV, prarekontruksi dan rencana autopsi ulang.

"CCTV sudah ditemukan. Mesti segera diungkap ke publik agar tak terus jadi polemik dan memperburuk image terhadap institusi Polri," kata Iwan Sumule, Sabtu (23/7/2022).

Jika penanganan kasus tersebut akhirnya transparansi, Iwan optimis citra Polri yang sempat diragukan bisa kembali pulih dan dipercaya.

“Pengungkapan secara cepat juga penting untuk menghindari konflik internal yang dimungkinkan terjadi. Sebab kemungkinan ada penumpang gelap yang bisa menunggangi proses pengungkapan kasus tersebut.  Belum lagi ada kemungkinan pertarungan beberapa faksi di internal yang akan mendelegitimasi kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit,"  ujarnya.

Proses prarekonstruksi kasus kematian Brigadir J dalam insiden polisi tembak polisi di rumah Irjen Ferdy Sambo dilakukan secara tertutup, Sabtu. Salah satu kuasa hukum keluarga Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, Johnson Panjaitan turut menyaksikan proses prarekonstruksi di rumah Irjen Ferdy Sambo Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan. Johnson terlihat mengenakan kemeja warna putih. Namun belum ada statement yang diberikan Johnson.

Baca Juga: Masuk Tahap Penyidikan Kasus Dugaan Pembunuhan Brigadir J

Tidak diketahui keberadaan Ferdy Sambo atau Bharada E saat prarekonstruksi dilakukan. Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo tidak berkomentar banyak terkait keberadaan Irjen Ferdy Sambo dan Bharada E saat prarekonstruksi itu dilakukan. "Belum dapat info terkait Bharada E," demikian Dedi, Sabtu (23/7/2022).

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Disparbud Kota Bekasi Kembangkan Wisata Raftimg

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:31 WIB

Diguyur Hujan Deras, Sembilan Ruas Jalan Tergenang

Rabu, 1 Februari 2023 | 20:59 WIB
X