• Kamis, 8 Desember 2022

Praktisi Kesehatan Dukung Pemerintah Dalam Peningkatan Alkes Dalam Negeri

- Rabu, 20 Juli 2022 | 11:06 WIB
Praktisi ekonomi dan pengamat kesehatan Dr. Ilyas Indra.
Praktisi ekonomi dan pengamat kesehatan Dr. Ilyas Indra.


SUARAKARYA.ID: Praktisi ekonomi dan pengamat kesehatan Dr. Ilyas Indra mendukung penuh program pemerintah dalam rangka ketersediaan produk alat kesehatan produk dalam negeri.

Hal itu dikatakan Ilyas seiring dengan perkembangan pembangunan Rumah Sakit (RS), baik itu milik pemerintah maupun swasta. Dengan peningkatan jumlah RS sudah barang tentu kebutuhan alat kesehatan akan meningkat.

“Imbauan Presiden agar pihak rumah sakit lebih mengutamakan produk dalam negeri sudah tepat. Hal ini salah satunya dalam rangka pemulihan ekonomi nasional di tengah wabah pandemi yang melanda sejumlah negara,” kata Ilyas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: KUR BRI Mendorong Pelaku UMKM Bertahan dan Bangkit Kembali Ketika Pagebluk Pandemi Mereda

Pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) ini juga berharap agar pelaku usaha terus meningkatkan kualitas produksi alat kesehatan produk lokal agar tidak kalah saing dengan produk impor.

“Sebab untuk memproduksi alat kesehatan tentu dibutuhkan sebuah teknologi yang tinggi yang selama ini lebih banyak dikuasai oleh alat kesehatan produsen asing. namun kami yakin bahwa produk dalam negeri tidak kalah saing dengan alkes produk impor,” jelasnya. 

Ilyas berharap agar pemerintah berperan aktif dalam menjembatani industri alat kesehatan produk impor untuk berkolaborasi dengan industri dalam negeri guna memproduksi dan mengembangkan alat kesehatan di Indonesia.

Baca Juga: Resahkan Masyarakat, Polda Metro Jaya Ungkap Sindikat Begal Rekening, Modus Ilegal Akses Serta Penipuan

Pemerintah dapat mendorong penggunaan wajib alat kesehatan nasional seperti yang dilakukan oleh Malaysia, Korea, Cina, dan India.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Edukasi Terkait Ular dan Gigitannya

Kamis, 8 Desember 2022 | 19:39 WIB

DKI Siap Bantu Pembangunan Tambahan Masjid Istiqlal

Kamis, 8 Desember 2022 | 19:38 WIB
X