• Senin, 26 September 2022

Hampir Semua Daerah Indonesia PPKM Level 1 Kecuali Sorong Level 2

- Rabu, 20 Juli 2022 | 06:16 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Istinewa)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Istinewa)


SUARAKARYA.ID: Hampir semua kabupaten/kota di luar Jawa-Bali dalam kategori PPKM Level 1. Dan hanya Sorong yang menerapkan PPKM Level 2.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih akan berlaku sesuai penepatan sebelumnya yaitu hingga 1 Agustus 2022.

Hal itu berdasarkan hasil evaluasi PPKM dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (18/7/2022).

Baca Juga: Viral KM Cahaya Arafah Berpenumpang 66 Orang Tenggelam Di Perairan Tokaka Maluku Utara

Ia mengatakan, hampir semua kabupaten/kota di luar Jawa-Bali dalam kategori PPKM Level 1, dan hanya Sorong yang menerapkan PPKM Level 2.

"Dari hasil evaluasi seluruhnya di luar Jawa Bali PPKM-nya masih level 1 seperti yang telah kita putuskan sampai akhir bulan ini. Dan yang di level 2 hanya di Sorong, Papua Barat," jelasnya dalam konferensi pers virtual.

Airlangga mengungkapkan, kasus Covid 19 di luar Jawa-Bali masih relatif rendah dan landai. Kasus aktif hanya terdapat di beberapa provinsi yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimatan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Truk Pertamina Tabrak Sejumlah Mobil Dan Motor 10 Orang Meninggal Di Bekasi

Terkait vaksinasi Covid-19, hingga saat ini terdapat 2 provinsi di luar Jawa-Bali yang capaian vaksinasi dosis satu masih di bawah 70 persen yaitu Papua Barat dan Papua.

"Lalu untuk dosis 2 ada 10 provinsi yang capaiannya masih di bawah 70 persen, serta vaksinasi dosis 3 terdapat 28 provinsi yang capaiannya masih di bawah 30 persen," ujar dia seperti dilansir dari Kompas.com.

Dikatakan pemerintah menyadari bahwa Covid 19 masih berlangsung di berbagai negara. Bahkan beberapa negara mengalami peningkatan kasus yang tinggi.

Baca Juga: Propam Polda Papua Tahan 3 Anggotanya Terkait Loloskan Bupati RHP ke PNG

Hal itu tercermin dari kasus harian rata-rata dalam seminggu (7DMA) seperti Amerika Serikat mencapai 134.000 kasus, Australia 40.000 kasus, India 18.000-an kasus, Prancis 90.000-an kasus, dan Singapura 9.000-an kasus.

Sementara di Indonesia kasus harian rata-rata dalam seminggu tercatat mencapai 3.240 kasus. Airlangga pun memastikan, pemerintah akan terus mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19.

"Pemerintah terus mengantisipasi penyebaran subvarian (Omicron) baik BA.4 maupun BA.5," ujarnya. ***

Sumber: Istimewa

Baca Juga: Kebaikan Istri Irjen Ferdy Sambo Diungkap Ibu Almarhum Brigadir J

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebulan Penuh Ada Pesta Diskon di Solo Great Sale Lho!

Minggu, 25 September 2022 | 19:05 WIB

Peduli Member Dan Bukan Penipu, Ini Fakta PT SMI

Minggu, 25 September 2022 | 11:12 WIB

Sandiaga Uno Kagumi Kualitas Kopi Cianjur Jawa Barat

Minggu, 25 September 2022 | 11:12 WIB
X