• Rabu, 28 September 2022

Guru Besar UNS Paparkan Bekicot, Kitosan dan Kulit Durian untuk Pencegahan Resistensi TB

- Selasa, 19 Juli 2022 | 06:44 WIB
UNS kukuhkan 3 guru besar baru (Endang Kusumastuti)
UNS kukuhkan 3 guru besar baru (Endang Kusumastuti)

SUARAKARYA.ID: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah kembali tambah 3 guru besar baru. Salah satunya ada Prof. Dr. Yusup Subagio Sutanto, dr., Sp.P(K), FISR, FAPSR. 

Prof Yusup merupakan guru besar ke-46 Fakultas Kedokteran  dan ke-249 UNS. Dalam pidato pengukuhannya, Guru Besar Bidang Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi itu akan membacakan pidato pengukuhan berjudul 'Pemanfaatan Bekicot, Kitosan dan Kulit Durian Sebagai Terobosan Baru Pencegahan Resistensi Tuberkulosis'. 

"Tuberkulosis dapat disembuhkan dengan pemberian Obat Anti Tuberkulosis (OAT) yang tepat, namun, akhir-akhir ini banyak ditemukan galur MTB resisten terhadap dua atau lebih OAT yang dikenal sebagai galur MDR-TB (Kemenkes RI, 2018),” papar Prof Yusup kepada wartawan di Kampus UNS Solo, Senin (18/7/2022).

Baca Juga: Lirik Lagu Yalal Waton Karya KH Wahab Chasbullah

Lebih lanjut Yusup mengatakan berdasarkan hasil Riset dasar yang telah dilakukan tentang potensi dan efektivitas sediaan galenik seromukoid bekicot, kitosan, ekstrak kulit durian. Ternyata menjadi  kandidat potensial OAT yang berbasis bahan alam atau galenik, hal ini merupakan suatu  terobosan baru melalui riset berbasis Ipteks. 

"Oleh karena itu diperlukan penelitian berkelanjutan dan holistik terkait yaitu riset terapan tentang pengembangan prototipe menjadi produk krenova terstandarisasi dan tersertifikasi yang dapat diaplikasikan di mitra pengguna atau masyarakat," jelasnya.

Selain itu juga dibutuhkan riset pengembangan, hilirisasi dan komersialisasi sediaan galenik OAT untuk pencegahan TB sebagai produk krenova based of knowledge melalui kerja sama dengan bidang industri farmasi. 

Baca Juga: Hebat! UMS Jadi Satu-satunya PT di Jateng yang Dapat Hibah Penjaminan Mutu

Selain Prof Yusup, Prof. Dr. Dra. Sri Subanti, M.Si dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Prof. Dr. Zainal Arifin, S.T., M.T. dari Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) UNS juga akan dikukuhkan sebagai guru besar baru di UNS, Selasa (19/7/2022).

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebulan Penuh Ada Pesta Diskon di Solo Great Sale Lho!

Minggu, 25 September 2022 | 19:05 WIB

Bupati Purwakarta Gugat Cerai Suaminya dan Profil

Kamis, 22 September 2022 | 05:42 WIB

Pemkot Bandung Tertibkan Sejumlah Reklame Ilegal

Rabu, 21 September 2022 | 16:16 WIB

bank bjb Jalin Kerja Sama dengan DPM Desa Jawa Barat

Selasa, 20 September 2022 | 19:31 WIB
X