• Kamis, 8 Desember 2022

Jenderal Dudung Dianugerahi Gelar Adat Tertinggi Suku Dayak Mantir Hai Penambahan

- Minggu, 17 Juli 2022 | 07:01 WIB
Foto: Dispenad
Foto: Dispenad

SUARAKARYA.ID: Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ny. Rahma Dudung Abdurachman  melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kodam XII/Tanjungpura Provinsi Kalimantan Tengah.

Kedatangan Jenderal Dudung disambut dengan Tradisi Potong Pantan sekaligus menerima Penganugerahan Gelar Adat Tertinggi Suku Dayak Kalimantan Tengah Mantir Hai Penambahan dari Ketua Dewan Adat Dayak (DAD), Sabtu (16/7/2022).

Setibanya di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Jenderal Dudung beserta rombongan disambut Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, Danrem 102/Panju Panjung  Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, Gubernur Kalimantan Tengah  H. Subianto Sabran dan unsur Forkopimda Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Pimpin Sertijab Pati TNI AD, Jenderal Dudung Inginkan Seorang Pemimpin Punya Rasa Memiliki

Penyambutan dengan Tradisi Potong Pantan ini menandakan ungkapan selamat datang kepada Kasad dan rombongan di Bumi  Pancasila, Bumi Tambun Bungai dengan harapan supaya para tamu yang memotong pantan akan selalu mendapat perlindungan dari Sang Pencipta Alam Semesta atau Yang Maha Kuasa.

Selesai menerima tradisi penyambutan Potong Pantan, Kasad dianugerahi Gelar Adat Tertinggi Suku Daya Kalimantan Tengah yang disematkan langsung oleh Ketua DAD Provinsi Kalimantan Tengah Agustiar Sabran.

Ketua DAD Kalteng mengungkapkan, Gelar Adat Tertinggi Suku Dayak Kalimantan Tengah Mantir Hai Penambahan yang diberikan kepada Kasad tersebut memiliki arti seseorang yang gagah berani, disegani, Arif Bijaksana, ahli strategi dan mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Jenderal Dudung: Prajurit Kita Saat Ini Bukanlah Obyek, Tetapi Telah Menjadi Subyek

Agustiar  Sabran mengungkapkan, gelar adat yang diberikan kepada Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman merupakan penghormatan dan penghargaan dari masyarakat Suku Dayak Kalimantan Tengah atas Komitmen Kasad dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa, kerukunan antar  umat beragama serta  mampu menjaga keberagaman suku bangsa di Indonesia.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Edukasi Terkait Ular dan Gigitannya

Kamis, 8 Desember 2022 | 19:39 WIB

DKI Siap Bantu Pembangunan Tambahan Masjid Istiqlal

Kamis, 8 Desember 2022 | 19:38 WIB
X