• Minggu, 2 Oktober 2022

Hubungan Industrial, Memiliki Kontribusi Signifikan Dalam Meningkatkan Daya Saing

- Selasa, 12 Juli 2022 | 00:46 WIB
Wamenaker Afriansyah Noor.
Wamenaker Afriansyah Noor.
 

SUARAKARYA.ID: Hubungan industrial memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan daya saing dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Kolaborasi dan komitmen di antara para pelaku hubungan industrial, akan mendorong terciptanya target pertumbuhan ekonomi.
 
"Perspektif kerja sama dengan DEN KSBSI perlu dikembangkan melalui forum dialog. Dalam rangka terwujudnya hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan," ujar Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor, saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Eksekutif Nasional Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Tahun 2022, di Jakarta, Senin (11/7/2022). 
 
Hubungan industrial menciptakan kelangsungan berusaha dan ketenangan bekerja (industrial peace) di tempat kerja. 
 
 
Rakernas bertajuk "Kontrak Sosial Baru Memastikan Perlindungan Sosial dan Transisi yang Adil" ini, ujar Wamenaker, merupakan forum dialog yang memiliki jangkauan strategis. Karena, tidak hanya menyangkut komitmen. 
 
Namun, juga langkah bersama secara nyata untuk melakukan konsultasi, koordinasi, dan evaluasi program serta pencapaian kinerja organisasi.
 
"Saya berharap Rakernas mampu melahirkan pemikiran dan rumusan program maupun kegiatan lebih konkrit dan konstruktif," ujarnya. 
 
Yang disesuaikan dengan perkembangan ekonomi global, dan diselaraskan dengan iklim investasi, dan iklim usaha guna kepentingan Bangsa dan Negara. 
 
 
Di bagian lain, Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban mengatakan, pihaknya siap mengorganisir para pekerja di sektor informal. Sebagaimana layaknya mengorganisir pekerja formal, sekaligus memperjuangkan agar mereka memperoleh akses ke  perlindungan sosial.
 
"Perjuangan kita masih panjang, yang harus kita bayar dengan kesetiaan dan peningkatan kapasitas, menciptakan strategi baru dalam pengorganisasian, serta selalu mempersiapkan diri dan dapat beradaptasi dalam menyambut perubahan," tutur Elly.***
 
 

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UU PPRT, Landasan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 00:58 WIB
X