• Rabu, 28 September 2022

Satgas Pamtas TNI Bantu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Perbatasan Papua Dengan Membeli Hasil Kebun

- Senin, 4 Juli 2022 | 17:16 WIB
Foto : Satgas Pamtas Yonif 126/KC                
Foto : Satgas Pamtas Yonif 126/KC                

SUARAKARYA.ID: Personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Pos Kout yang dipimpin oleh Wadan Satgas Mayor Inf Wahidin Sobar, S.Sos. membantu meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan Papua dengan membeli hasil kebun masyarakat yang dijual di lapak-lapak sementara, bertempat di Kampung Pund, Dusun Dawa, Distrik Waris, Kab. Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua, Senin (04/07/2022).

Wadan Satgas Mayor Inf Wahidin Sobar, S.Sos. mengatakan bahwa hasil kebun masyarakat Kampung Pund cukup bervariasi. Masyarakat menjajakan sayur-sayuran, buah-buahan hingga komoditas perkebunan seperti cokelat, kopi dan vanili. Apabila tiba musimnya atau masyarakat sebut dengan “panen raya” mereka terkadang kewalahan untuk memanen hasil kebun mereka.

Baca Juga: Peduli Sesama, Satgas Yonif 126/KC Bagikan Pakaian Layak Pakai Kepada Masyarakat Perbatasan

Terbatasnya sarana dan prasarana untuk distribusi hasil kebun ke pasar di kota menjadi hambatan. Selain jarak yang jauh, sarana transportasi di perbatasan sangat mahal sehingga menghambat alur distribusi rantai perdagangan hasil perkebunan dari masyarakat Distrik Waris.

Foto : Satgas Pamtas Yonif 126/KC                                                                            

Hasil kebun masyarakat Kampung Pund cukup melimpah, namun karena belum ada pasar di Distrik Waris dan jarak ke kota sangat jauh, masyarakat sangat kesulitan untuk menjual hasil kebun mereka. Sehingga kami, personel Satgas tergugah untuk membantu kesulitan mereka dengan membeli hasil kebun mereka untuk memenuhi kebutuhan logistik personel kami sehari-hari,” ujar Wadan Satgas.

Beti (22) salah seorang pedagang sayuran dari Kampung Pund sangat senang, karena hasil kebunnya dibeli oleh personel Pos Kout Satgas Yonif 126/KC. “Bapak pos beli sayuran saya yang banyak e... biar saya bisa langsung bawa uang pulang ke rumah untuk makan” ujarnya. ***

Autentikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 126/KC

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebulan Penuh Ada Pesta Diskon di Solo Great Sale Lho!

Minggu, 25 September 2022 | 19:05 WIB

Bupati Purwakarta Gugat Cerai Suaminya dan Profil

Kamis, 22 September 2022 | 05:42 WIB

Pemkot Bandung Tertibkan Sejumlah Reklame Ilegal

Rabu, 21 September 2022 | 16:16 WIB

bank bjb Jalin Kerja Sama dengan DPM Desa Jawa Barat

Selasa, 20 September 2022 | 19:31 WIB
X