• Selasa, 9 Agustus 2022

Antisipasi Kejadian Tak Diinginkan, PN Jakarta Selatan Adakan Simulasi Penanggulangan Kebakaran

- Jumat, 1 Juli 2022 | 21:09 WIB

 SUARAKARYA.ID: Tidak bisa dipungkiri bahwa di setiap pengadilan, terutama di pengadilan negeri di Jakarta, termasuk Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, terdapat begitu banyak dokumen-dokumen penting. Sulit dibayangkan apabila dokumen penting tersebut musnah atau raib, sementara yang terkait dengan dokumen penting itu sangat membutuhkannya  untuk suatu keperluan penting pula.

Maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya dilakukan antisipasi. Salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap risiko itu sendiri.  Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengantisipasinya dengan mengadakan simulasi pemadam kebakaran terhadap seluruh pimpinan, hakim, pejabat struktural, fungsional dan karyawan/wati di ruang sidang utama dan halaman kantor PN Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Humas PN Jakarta Selatan, Djuyamto SH MH menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan managemen resiko, dimana para pelaksana tugas pokok dan fungsi di PN Jakarta Selatan diharapkan mempunyai pengetahuan dan pemahaman mengenai tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi risiko.

Untuk tujuan itu, pegawai Suku Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan saat memberikan penjelasan.  “Jika terjadi kebakaran kantor atau ruang kerja, tentu saja hal-hal itu juga relevan dengan upaya membekali/membangun sumber daya manusia (SDM)  PN Jakarta Selatan yang tanggap, responsive, profesional, dan cekatan menanggulanginya” ujar Djuyamto, Jumat (1/7/2022).

Menurut dia, dalam kegiatan tersebut Ketua PN Jakarta Selatan, Saut MT Pasaribu SH MH mengapresiasi kesediaan pihak Suku Dinas Kebakaran Jakarta Selatan yang telah berkenan bekerjasama dalam kegiatan sosialisasi antisipasi kebakaran tersebut.

Selain itu, katanya, Saut MT Pasaribu juga berharap agar sosialisasi pemadaman kebakaran benar-benar dimanfaatkan oleh keluarga besar PN Jakarta Selatan sebagai bekal pengetahuan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pelayanan publik dalam rangka akreditasi penjaminan mutu layanan pengadilan. Kendati sangat tidak diharapkan terjadi peristiwa kebakaran, tetap saja sangat bermanfaat kalau banyak diantara pegawai di kantor tersebut dapat diandalkan melakukan penanggulangan apabila benar-benar terjadi “amuk si jago merah”.***

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Terkini

Digelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur DKI

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 06:53 WIB

Diluncurkan Rumah Sehat Untuk Masyarakat Jakarta

Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:14 WIB
X