• Minggu, 27 November 2022

Aplikasi Digital Kepegawaian Dukung Transformasi Organisasi Dan SDM

- Kamis, 30 Juni 2022 | 03:44 WIB
Menaker Ida Fauziyah.
Menaker Ida Fauziyah.
 
 
SUARAKARYA.ID: Aplikasi digital kepegawaian, diluncurkan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, dimaksudkan guna mendukung transformasi organisasi dan sumber daya manusia (SDM) aparatur Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). 
 
Peluncuran aplikasi digital kepegawaian dilakukan, di Jakarta, Rabu (29/6/2022). Dengan hasil 4  hasil transformasi, yakni sistem aplikasi e-performance, e-mutasi, Layanan Kepegawaian Mandiri (LM), serta Si-Mantel (Sistem Informasi Manajemen Talenta).
 
Pada peluncuran aplikasi digital kepegawaian itu, Menaker menyatakan, transformasi diperlukan untuk mewujudkan good governance di tubuh Kemnaker. Yang tangguh, tanggap terhadap perubahan dan resposif, untuk mencapai kinerja maksimal, serta penyelenggaraan pelayanan publik yang prima.
 
 
"Saya sangat berharap, transformasi ini, menjadi ikhtiar bersama untuk menjadikan birokrasi Kemnaker sebagai world class bureaucracy. Yang mampu memberikan pelayanan publik berkualitas, efektif, dan efisien," tuturnya. 
 
Melalui transformasi ini, lanjutnya, pihaknya akan melakukan pembenahan dan perbaikan birokrasi. Yang selama ini cenderung dipersepsikan publik dengan prosedur berbelit, lamban, kinerja rendah, penuh kolusi, korupsi dan nepotisme, serta tak memiliki standar pelayanan yang pasti.
 
"Kini, dengan adanya sistem aplikasi baru melalui transformasi organisasi dan SDM aparatur. Maka, kualitas pelayanan dapat ditingkatkan dan administrasi pelayanan menjadi paperless, sehingga lebih mudah dan praktis," terang Menaker
 
 
Aplikasi e-performance memberikan informasi hasil kinerja organisasi dan kinerja individu tiap pegawai Kemnaker. Serta, melihat penghitungan tunjangan kinerja, untuk masing-masing pegawai berdasarkan kinerja. 
 
Aplikasi e-mutasi, memberikan kemudahan pelaksanaan permohonan perpindahan pegawai. Baik di internal Kemnaker, dari luar ke dalam Kemnaker, maupun dari dalam ke luar Kemnaker.
 
Aplikasi LKM, membantu proses administrasi kepegawaian. Seperti kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pengajuan Plt dan Plh, serta proses administrasi kepegawaian lainnya. 
 
 
Sedangkan aplikasi Si-Mantel, mengidentifikasikan talenta di Kemnaker. Berdasarkan kinerja dan kualifikasi yang dibutuhkan, untuk mengisi rencana suksesi.
 
"Saya berharap aplikasi baru ini, nantinya diintegrasikan dalam satu kesatuan aplikasi SIAPKERJA. Yakni, sistem informasi kinerja aparatur pemerintahan Kemnaker," kata Menaker
 
Yang juga sebagai penjabaran dari implementasi sembilan lompatan, ujarnya, dalam mendukung penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, meningkatkan reformasi birokrasi, serta mewujudkan prinsip good governance di Kemnaker. ***

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

Hindari PHK, Kemnaker Dorong Dialog Bipartit 

Kamis, 24 November 2022 | 17:40 WIB
X