• Selasa, 16 Agustus 2022

BUMN Bantu Sulap Pantai Kutang Lamongan Jadi Kawasan Wisata Menarik

- Rabu, 29 Juni 2022 | 16:56 WIB
Sentuhan BUMN menjadikan Pantai Kutang menjadi lebih menarik
Sentuhan BUMN menjadikan Pantai Kutang menjadi lebih menarik

SUARAKARYA.ID: Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Barokah Makmur Desa Labuhan Kecamatan Brondong, Lamongan berhasil menyulap pantai kumuh menjadi kawasan wisata menarik.

Menurut Ketua Bumdes Barokah Makmur, Ronal Azis, Pantai Kutang yang awalnya dipenuhi sampah kini sudah jauh berubah. "Ekowisata Pantai Kutang pada 2022 ini telah menerima kunjungan dari 27.855 wisatawan lokal," ujarnya, Rabu (29/6/2022).

Imbas lonjakan kunjungan itu, para pengelola mendapat peningkatan pendapatan hingga 50% dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp195 juta.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut Gelar Sosialisasi Masif Di Komunitas KBOS

Dia menjelaskan, kawasan wisata Pantai Kutang ini mulai dibuka sebagai wisata pada tahun 2015 dan dikelola oleh Bumdes sejak 2017.

Kemolekan Pantai Kutang kian menambah keindahan pesisir utara Pulau Jawa yang selama ini dikenal memiliki beragam potensi wisata alam menarik.

Pantai Kutang sendiri terletak di kecamatan Brondong, Lamongan. Pantai ini berkembang setelah mendapat dukungan BUMN dalam bentuk bantuan berupa greenhouse untuk tanaman sayur hidroponik pada tahun 2019.

Baca Juga: PJB Dan PT Indonesia Comnets Plus Kerja Sama Terkait Keandalan Sinyal Telekomunikasi

Bantuan itu diberikan karena kawasan desa itu tidak memiliki hasil sayur mandiri. Selanjutnya bantuan yang digunakan untuk pengembangan lokasi ekowisata Pantai Kutang berupa paving jalan, taman, penerangan, pasang baru listrik, dan pembangunan gapura.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X