• Selasa, 16 Agustus 2022

Cetak SDM Berkualitas, Kemnaker Lakukan MoU Dengan UT

- Selasa, 28 Juni 2022 | 16:18 WIB
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (tengah).
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (tengah).
 
 
SUARAKARYA.ID: Dalam upaya mencetak Sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing di dunia kerja yang mencakup berbagai bidang. kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melakukan MoU dengan Universitas Terbuka (UT). 
 
Acara Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kemnaker dan UT tersebut digelar, di Kampus UT Tangerang Selatan, Banten, Selasa (28/6/2022). 
 
Pada kesempatam itu, dalam sambutannya Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan, dunia pendidikan saat ini dipaksa untuk mengubah sistem pembelajaran konvensional ke arah lebih modern, dinamis, dan inklusif tanpa menurunkan standar kualitas output yang ditetapkan. 
 
Universitas Terbuka, lanjutnya, sebagai kampus pionir yang mempelopori sistem pembelajaran jarak jauh, memiliki sejarah panjang lebih dari tiga dekade. Dalam mencetak SDM yang berkualitas dan berdaya saing di dunia kerja, yang mencakup berbagai bidang.
 
 
Sekjen Anwar menjelaskan, tujuan dari MoU ini adalah bagaimana dapat berkontribusi untuk meningkatkan SDM Indonesia, yang unggul dan memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.
 
"Jika berbicara tentang ketenagakerjaan adalah bagaimana menyiapkan SDM, yang memiliki kompetensi pada bidangnya, serta sesuai dengan kebutuhan dunia kerja," tuturnya. 
 
Dia mengemukakan, Indonesia sebagai negara dengan jumlah PMI yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia, ingin agar para PMI ini ketika berangkat ke negara penempatan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. 
 
 
"Tentunya negara harus dapat memberikan alternatif pendidikan, agar para PMI tersebut bisa merasakan bagaimana pendidikan yang tinggi itu," ujarnya.
 
Sekjen Anwar menyebutkan, Kemnaker sudah menyampaikan kepada negara penempatan  agar para PMI bisa diberikan kesempatan untuk bisa belajar. Model yang dikembangkan  Universitas Terbuka ini adalah model yang bisa belajar kapan saja.
 
 "Fleksibilitas waktu dalam belajar yang diberikan oleh Universitas Terbuka ini sudah sangat bagus," ujar Sekjen Anwar
 
Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat menambahkan, dari MoU ini ada aspek strategis tentang penempatan PMI di dalam dan luar negeri. Universitas Terbuka telah berkontribusi kepada para PMI, untuk meningkatkan kompetensinya dengan kuliah di Universitas Terbuka.
 
 
"Itu sangat bagus dan jadi peluang yang jarang bisa diraih oleh perguruan tinggi lainnya," kata Ojat. ***

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

X