• Sabtu, 20 Agustus 2022

DPRD Apresiasi Pemanfaatan Data Kependudukan Oleh Lembaga Pengguna

- Senin, 27 Juni 2022 | 05:47 WIB
Ketua Pansus (LKPJ) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Wali Kota, Ferry Rismafurry menghadiri acara Data Kependudukan Kota Bandung, di Hotel Papandayan, Bandung, kemarin ini. Alam/Humpro DPRD Kota Bandung.
Ketua Pansus (LKPJ) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Wali Kota, Ferry Rismafurry menghadiri acara Data Kependudukan Kota Bandung, di Hotel Papandayan, Bandung, kemarin ini. Alam/Humpro DPRD Kota Bandung.

SUARAKARYA.ID: Ketua Pansus (LKPJ) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Wali Kota, Ferry Rismafurry menghadiri acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Petunjuk Teknis Pemanfaatan Data Kependudukan bagi Lembaga Pengguna di Kota Bandung, di Hotel Papandayan, Bandung, Kemarin ini.


Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 102 tahun 2019 tentang pemberian akses dan pemanfaatan data kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung telah 100 persen melakukan kerja sama dengan dengan 75 para lembaga pengguna.
Lembaga pengguna tersebut terdiri dari 59 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Bandung dan 16 badan hukum Indonesia.


Menurut Ferry, kerja sama tersebut dapat meningkatkan pelayanan Pemerintah Kota Bandung kepada masyarakat.

Baca Juga: Sembilan Lompatan Kemnaker, Langkah Strategis Hadapi  Megatren


"Kami memberikan apresiasi dan berharap peningkatan kualitas pelayanan lembaga atau unit kerja pemerintah daerah, dalam melayani masyarakat," katanya.


Ia menambahkan, dengan bersinerginya seluruh lembaga maupun unit kerja di Pemkot Bandung terkait data kependudukan. Maka pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, lebih mudah dan dirasakan manfaatnya.
Data kependudukan merupakan hal yang penting, untuk mengakses pelayanan di Pemkot Bandung. Dengan kemudahan dalam mengakses data kependudukan diharapkan pelayanan dan program pemerintah lebih tersalurkan kepada masyarakat.


"Dengan perjanjian kerja sama dan petunjuk teknis pemanfaatan data kependudukan, diharapkan menjadi dasar bagi setiap lembaga untuk melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban," tuturnya.

Baca Juga: Menperin Mitigasikan Permasalahan Dan Potensi IKM Komponen Otomotif, Perkuat Rantai Pasok Ke Jepang


Lebih jauh, ia mendorong agar data kependudukan di Kota Bandung selalu mutakhir dan akurat. Terlebih, banyak program pemerintah yang dilakukan berdasarkan basis data tersebut.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank bjb Raih Penghargaan Kementan RI

Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:28 WIB

Koperasi Kohippci Bantu Pedagang Pasar Cikapundung

Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:48 WIB

Agus Andi: Potensi UMKM Butuh Dibantu Pentahelix

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:41 WIB

Tedy Rusmawan Dukung Kompetisi Olahraga Kewilayahan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:24 WIB
X