• Sabtu, 20 Agustus 2022

Sembilan Lompatan Kemnaker, Langkah Strategis Hadapi  Megatren

- Minggu, 26 Juni 2022 | 23:49 WIB
Menaker Ida Fauziyah (kedua dari kiri).
Menaker Ida Fauziyah (kedua dari kiri).
 
 
 
SUARAKARYA.ID: Sembilan lompatan Kementerian Ketenagakerjaan merupakan strategis, guna mengjadapi tantangan megatren. 
 
Hal itu dikemukakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, saat menjadi pembicara pada acara _Talent Talks Saturday Night Gathering_ di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (25/6/2022).
 
Dia mengatakan, Kemnaker telah menyiapkan langkah-langkah strategis, dalam menghadapi tantangan megatren. Yang akan berlangsung terus hingga 2045. 
 
Tantangan megatren itu, seperti kemajuan teknologi, perubahan iklim, serta persaingan sumber daya alam.
 
 
"Megatren merupakan tantangan bagi perekonomian dan sektor ketenagakerjaan, yang mengakibatkan banyak disrupsi atau perubahan di berbagai bidang," terang Menaker 
 
Dikemukakannya, dalam menghadapi tantangan-tantangan terkini megatren, Kemnaker memiliki 9 lompatan. Di antaranya berupa Transformasi Program Perluasan Kesempatan Kerja dan Pengembangan Talenta Muda.
 
"9 lompatan Kemnaker ini kebijakan strategis untuk mengubah dan mentransformasikan dunia ketenagakerjaan Indonesia. Agar siap menghadapi semua perubahan, termasuk di dalamnya menghadapi megatren," papar Menaker
 
 
Dia menjelaskan, transformasi program perluasan kesempatan kerja, dilakukan guna meningkatkan pelaksanaan program secara efektif dan berkesinambungan. Agar mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja. 
 
Melalui langkah ini, lanjutnya, Kemnaker ingin menjadikan program perluasan kesempatan kerja, yang sudah dilaksanakan menjadi lebih efektif dan efisien. Untuk menekan pengangguran serta membuka lapangan kerja berkualitas terutama bagi generasi muda. 
 
Salah satu perwujudan progamnya adalah peningkatan dan pengembangan kapasitas UMKM, melalui talenta muda yang merupakan prioritas untuk menyambut peluang masa depan. 
 
"Melalui program ini kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan usaha baru, yang dimotori  talenta muda. Untuk berkontribusi pada perekonomian di era paska pandemi covid-19," tuturnya. 
 
 
Adapun pengembangan talenta muda disiapkan untuk mengembangkan sumberdaya generasi milenial dan Z. Untuk menjadi talenta muda yang unggul dan kompetitif. Salah satu yang pertama dilakukan dalam program itu ialah melakukan pemetaan future jobs di Indonesia.
 
"Ini penting sebagai bagian dari talent scouting atau pencarian bakat talenta muda. Agar ada kesesuaian antara lapangan kerja masa depan yang dibutuhkan, serta skill dan kompetensi yang dimiliki  talenta muda Indonesia," ujar Menaker. ***

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

X